Simak Isu-isu yang Jadi Perhatian Anak Muda Indonesia dalam Bermedia Sosial

Menurut survei IDN Research Institute, isu tentang kemanusiaan, keadilan, dan lingkungan menjadi topik yang paling diminati gen Z dan milenial di media sosial.

Topik Teratas yang Diminati Gen Z dan Milenial dalam Bermedia Sosial

Sumber: IDN Research Institute
GoodStats

Media sosial merupakan platform yang menyediakan berbagai keunggulan yang memudahkan penggunanya dalam memenuhi ketercukupan informasi. Hasil survei Jakpat menunjukkan bahwa media baru ini kini menjadi sumber favorit masyarakat dalam mengakses informasi.

Hal ini tidak mengherankan lantaran media sosial menyediakan konten yang lebih kaya yang dapat disaring dan dipersonalisasi sesuai kebutuhan dan selera. Setiap pengguna dapat memproduksi informasi sendiri sehingga konten di dalamnya begitu masif. Terlebih lagi, informasinya pun lebih aktual tanpa hambatan waktu dan ruang, berbeda dengan media konvensional yang butuh waktu lebih lama dalam produksinya.

Di tengah banyaknya informasi yang mewarnai media sosial setiap harinya, laporan IDN Research Institute menunjukkan terdapat tiga topik yang paling menarik perhatian kalangan muda, dalam hal ini gen Z dan milenial.

Sebanyak 64% responden gen Z dan milenial mengaku menaruh minat terhadap topik tentang kemanusiaan, tertinggi dibanding topik lainnya. Hal ini menerangkan bahwa kalangan muda lebih menekankan pentingnya kesejahteraan sosial, kesetaraan, dan kasih sayang.

Akhir-akhir ini memang banyak terjadi krisis kemanusiaan di berbagai belahan dunia. Salah satu yang santer diwartakan adalah konflik Israel-Palestina. Generasi muda pun turut terlibat dengan menggemakan tagar All Eyes on Rafah sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina.

Isu keadilan menempati urutan kedua dengan persentase mencapai 48%. Ketertarikan pada ranah ini mencerminkan komitmen generasi muda dalam mendukung kesetaraan dan hak-hak umat manusia.

Gen Z dan milenial juga mengaku terlibat dalam topik-topik terkait isu lingkungan, persentasenya sebesar 47%. Temuan ini menyoroti prioritas kalangan muda dalam mencapai keberlanjutan, selaras dengan gerakan global yang lebih luas.

Hasil survei lain dari Jakpat mengungkapkan bahwa 78% gen Z dan milenial memiliki minat tinggi terhadap gerakan zero waste atau gaya hidup bebas sampah. Sebanyak 16% di antaranya bahkan mengaku sudah menerapkannya.

IDN Research Institute menyimpulkan ketertarikan ini secara kolektif menggambarkan bahwa generasi muda tidak hanya berwawasan, tetapi juga secara aktif terlibat dalam dinamika sosial dan lingkungan.

Adapun laporan bertajuk Indonesia Millenial And Gen Z Report 2025 ini melibatkan 1.500 responden gen Z dan milenial, masing-masing sebanyak 750 orang, yang tersebar di 12 kota besar di Indonesia. Dalam laporan ini, responden yang dikategorikan milenial adalah mereka yang berusia 28-43 tahun, sedangkan gen Z masuk usia 12-27 tahun per 2024.

Baca Juga: Ini Jenis Konten yang Paling Disukai Gen Z dan Milenial

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook