Dewasa ini berbagai negara di dunia berlomba-lomba untuk mengembangkan program antariksa dan menjelajahi luar angkasa. Program antariksa meliputi berbagai kegiatan seperti peluncuran satelit, misi ke bulan, eksplorasi tata surya, pengamatan bumi dari orbit, hingga pengembangan teknologi luar angkasa seperti roket dan stasiun luar angkasa.
Meskipun terkesan mahal, program antariksa penting bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Tidak hanya itu, program antariksa juga berperan dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara. Oleh karena itu, banyak negara berani membayar harga yang mahal untuk mengembangkan program antariksa.
Berdasarkan data dari Novaspace, pada tahun 2024 pengeluaran program antariksa di seluruh dunia mencapai angka US$135 miliar. Pengeluaran Amerika Serikat (AS) untuk program antariksa merupakan yang terbesar di dunia, pada tahun 2024 AS menghabiskan US$79,68 miliar untuk program antariksa.
China menyusul di peringkat kedua dengan pengeluaran yang terpaut cukup jauh dari AS, yaitu sebesar US$19,89 miliar. Jepang berada di peringkat ketiga dengan total pengeluaran untuk program antariksa sebesar US$6,80 miliar.
Rusia sebagai salah satu negara adidaya hanya menghabiskan US$3,96 miliar, keempat terbesar di dunia. Prancis ada di urutan kelima dengan total pembelanjaan sebesar US$3,71 miliar.
Jerman menempati peringkat keenam dengan pengeluaran di angka US$2,78 miliar. Italia menduduki peringkat ke tujuh dengan pengeluaran sebesar US$2,65 miliar. India menempati posisi kedelapan dengan pembelanjaan sebesar US$1,89 miliar untuk program antariksa.
Peringkat kesembilan ditempati oleh Britania Raya dengan total pengeluaran sebesar US$1,46 miliar. Korea Selatan menutup sepuluh negara dengan pembelanjaan program antariksa sebesar US$1,03 miliar.
Pengeluaran Indonesia untuk program antariksa masih terpaut jauh dari sepuluh negara di atas, pada tahun 2024 Indonesia hanya mengeluarkan US$130 juta untuk keperluan program antariksa.
Baca Juga: Ini Dia Sederet Negara yang Paling ‘Mendominasi’ Antariksa, Siapa Juaranya?