E-commerce adalah wadah aktivitas jual beli barang atau jasa melalui internet. E-commerce memudahkan konsumen untuk bisa berbelanja secara praktis dari mana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu, e-commerce juga dilengkapi dengan fitur personalisasi, ulasan produk, dan pengiriman cepat.
Industri e-commerce Indonesia terus berkembang pesat seiring dengan meningkatnya penetrasi internet dan adopsi teknologi. Indonesia pun menjadi tuan rumah bagi platform belanja online atau marketplace raksasa.
Pada kuartal II tahun 2022, Tokopedia menjadi e-commerce yang paling banyak diakses, dengan jumlah kunjungan ke website mencapai 158,35 juta di Indonesia. Shopee berada di urutan kedua dengan 131,3 juta kunjungan, disusul Lazada dengan sekitar 26,64 juta kunjungan.
Bukalapak, Blibli, Orami, Ralali, Zalora, Klik Indomaret, hingga JD ID turut masuk jajaran e-commerce terpopuler dengan kunjungan website yang tinggi di Indonesia.
Masifnya penggunaan e-commerce ini disebabkan beberapa faktor, seperti inovasi dalam layanan dan fitur, meningkatkan promosi, penguatan ekosistem offline dan online, serta kemitraan strategis.
Survey yang dilakukan Statista pada Januari 2023 terhadap 1.434 responden berusia lebih dari 18 tahun menunjukkan bahwa 70,13% responden menggunakan e-commerce untuk membeli barang fashion seperti pakaian dan sepatu. Sementara itu, 49,73% responden memilih membeli produk kecantikan dan 40,8% untuk membeli makanan pada kebutuhan konsumsi sehari-hari.
Baca Juga: Mayoritas Pemilik Usaha eCommerce berusia 35 Hingga 44 Tahun