10 Negara Dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia

Luksemburg merupakan negara dengan gaji guru tertinggi di dunia. Rata-rata guru di sana menerima gaji sebesar US$70.323 pada awal karirnya.

Rata-rata gaji guru dari satu negara dengan negara lainnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Luksemburg merupakan negara dengan gaji guru tertinggi di dunia. Melansir data OECD via Statista, bahkan untuk guru baru saja, rata-rata gajinya mencapai US$70.323 per tahun atau setara dengan kurang lebih Rp1 miliar.

Nilai tersebut digadang-gadang akan naik sekitar US$20.000 setelah 10-15 tahun mengajar. Setelah 30 tahun mengajar, gaji guru di negara tersebut bahkan dapat mencapai US$125.000.

Angka tersebut tentu sangat mencenangkan jika dibandingkan dengan gaji guru di Indonesia. Melansir data yang dihimpun dari OECD dan Sindonews, rata-rata gaji guru di Indonesia hanya sebesar US$2.664 per tahun. Beberapa guru honorer di tanah air bahkan tidak menerima gaji sama sekali.

Jerman duduk di posisi kedua dengan rata-rata gaji sebesar US$69.599. Untuk guru dengan pengalaman minim pun masih diberi gaji sebesar US$1.500 per bulannya. Semakin banyak pengalaman mengajar, maka semakin tinggi pula gaji yang diterima.

Di urutan ketiga terdapat Swiss, dengan rata-rata gaji guru sebesar US$60,948.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook