Brand value (nilai merek) merupakan nilai finansial suatu brand yang dibangun oleh perusahaan melalui persepsi dan loyalitas konsumen. Brand value penting untuk diukur karena menjadi salah satu cara untuk untuk mengukur kesuksesan suatu perusahaan.
European Brand Institute (EBI) menerbitkan "Global Top 100 Brand Corporation 2024". EBI menganalisis brand value dari 3.000 perusahaan global di 16 sektor yang berbeda, menggunakan parameter nilai fiskal pada tahun 2023.
Apple Inc., perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, menjadi perusahaan paling bernilai di dunia dengan brand value mencapai €417 miliar atau sekitar Rp6.964 triliun (kurs Rp16.700). Nilai tersebut naik 13% dari tahun sebelumnya.
Posisi berikutnya, Alphabet Inc. mencatat brand value sebesar €362,1 miliar (≈Rp6.047 triliun), juga naik sebesar 19%. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini menaungi beberapa perusahaan besar, seperti Google dan YouTube.
Selanjutnya, posisi ketiga diisi oleh Microsoft Corp. Perusahaan ini bergerak pada bidang teknologi yang memproduksi sebagian besar software komputer. Brand Value Microsoft tercatat naik 37% dari tahun sebelumnya menjadi €330,27 miliar (≈Rp5.516 triliun).
Selain ketiga perusahaan itu, nama-nama seperti Amazon Inc., Meta Inc., LVMH Group, Alibaba Group Holding Ltd., Walmart Inc., NVIDIA Corp., dan Procter and Gamble co. (P&G), masuk dalam daftar 10 besar.
NVIDIA Corp. jadi salah satu nama yang menarik perhatian tahun ini. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu mencatat kenaikan brand value yang signifikan sebesar 424% dari tahun sebelumnya, menjadi €87,02 miliar (≈Rp1.453 triliun).
Capaian tersebut menempatkan NVIDIA sebagai perusahaan dengan brand value tertinggi ke-9 di dunia, merangsek naik 91 strip dari yang sebelumnya berada di peringkat ke-100 global.
Dari hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh EBI, dapat dilihat dominasi Amerika Serikat dengan menyumbang total 58 perusahaan dengan brand value tertinggi, diikuti Eropa sebanyak 26 perusahaan, dan Asia dengan 16 perusahaan.
Baca juga: 15 Perusahaan Terbesar di ASEAN 2024