Mengutip Statista, salah satu faktor yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar suatu perusahaan adalah berdasarkan nilai kapitalisasi pasarnya. Kapitalisasi pasar merupakan nilai agregat pasar suatu perusahaan. Nilai ini biasa dihitung dengan mengalikan jumlah saham beredar di pasar dengan harga pasar dari 1 lembar saham tersebut.
Melansir Statista, Apple merupakan perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di dunia saat ini, yang mencapai US$2.746,21 miliar. Peringkat kedua dipegang oleh Microsoft dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$2.309,84 miliar.
Perusahaan minyak asal Saudi Arabia berada di urutan ketiga dengan US$2.055,22 miliar. Perusahaan teknologi asal Amerika, Alphabet, berada di posisi keempat dengan US$1.340,53 miliar. Salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Amazon, berhasil menduduki urutan kelima dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$1.084,06 miliar.
Meta Platform, perusahaan yang menaungi Instagram dan Facebook, memiliki nilai kapitalisasi sebesar US$599,82 miliar, membuatnya duduk di posisi keenam. Perusahaan Elon Musk, Tesla, menyusul di urutan ketujuh dengan US$539 miliar. Salah satu brand fashion terkemuka dunia, Louis Vuitton, berhasil masuk ke dalam daftar di posisi kesembilan dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$482,45 miliar.