Kegiatan minum kopi merupakan salah satu rutinitas sehari-hari di Indonesia. Meminum kopi saat ini bukanlah hanya sebagai penambah stamina, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup.
Selera dalam menikmati berbagai olahan kopi juga berbeda-beda pada tiap individu. Ada yang menikmati kopi langsung dari seduhan aslinya, menggunakan ekstrak kopi cair, atau menikmati kopi sachet.
Kopi sachet dianggap populer karena penggunaannya yang instan dah hanya cukup diseduh dengan air panas. Kopi sachet biasa dijual di berbagai toko kelontong, supermarket, atau langsung diolah dan dinikmati di warung-warung.
Pilihan merek yang menawarkan kopi sachet juga sangat beragam. Dalam hasil survey yang dirilis oleh Jakpat, kopi sachet merek Good Day menjadi primadona masyarakat dalam memilih merek kopi. Kopi yang merupakan olahan dari PT Santos Jaya Abadi ini unggul dengan perolehan suara 61,7%.
Posisi kedua diisi oleh kopi sachet merek Kapal Api. Brand kopi yang cukup senior ini menjadi pilihan dari 43,8% responden. Selanjutnya, terdapat merek Luwak White Coffee yang menjadi pilihan dari 39,1% responden.
Pada peringkat empat, terdapat kopi sachet merek Torabika dengan presentase mencapai 35,1%, disusul merek Indocafe dengan presentase sebanyak 33,7%.
Posisi keenam dan ketujuh merek kopi sachet pilihan masyarakat jatuh pada brand Nescafe dan ABC. Kedua brand ini mendapat validasi dari masing-masing 30,3% dan 24,8% responden.