Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada tahun 2025, Filipina menjadi negara tujuan utama ekspor mobil dari Indonesia per September, dengan total mobil yang dikirim ke negara tersebut mencapai 47,3 ribu unit. Adapun mobil terbanyak yang dikirim adalah Toyota Avanza dengan jumlah sebanyak 20,8 ribu unit.
Di posisi kedua terdapat Arab Saudi dengan total ekspor 19,4 ribu unit, disusul Vietnam di urutan ketiga dengan 18,7 ribu unit. Masing-masing negara ini memiliki model unggulan berbeda. Toyota Fortuner menjadi kontributor terbesar yang dikirim ke Arab Saudi dengan total 11 ribu unit, sementara Toyota Yaris Cross mendominasi pengiriman ke Vietnam dengan 11,8 ribu unit.
Sedangkan, Meksiko menempati posisi keempat dengan 9 ribu unit mobil Indonesia yang diekspor. Toyota Veloz menjadi tipe paling banyak dikirim ke Meksiko dengan jumlah 4,8 ribu unit.
Negara utama tujuan ekspor mobil Indonesia per September 2025 selanjutnya adalah Uni Emirat Arab (UEA) sebanyak 6,7 ribu unit. Seperti halnya Arab Saudi, Toyota Fortuner juga menjadi model utama yang dikirim ke negara ini dengan total 3,7 ribu unit.
Di posisi keenam terdapat Peru dengan total ekspor 4,9 ribu unit. Toyota Avanza kembali menjadi tipe terlaris tujuan negara ekspor, dengan 2,3 ribu unit dikirim ke Peru sepanjang Januari-September 2025.
Negara asal Asia Tenggara lainnya, Thailand, menutup pemeringkatan sebagai negara ketujuh dengan total ekspor mobil terbanyak dari Indonesia dengan angka 3,3 ribu unit. Kuantitas tipe mobil terbanyak yang diekspor ke negara ini adalah Toyota Veloz sebanyak 2,6 ribu unit.
Secara keseluruhan, tujuh negara utama tujuan ekspor mobil Indonesia pada 2025 ini masih didominasi oleh merek Toyota, yang konsisten menjadi tulang punggung kinerja ekspor otomotif nasional. Model-model seperti Avanza, Fortuner, Yaris Cross, dan Veloz menjadi andalan karena daya saingnya yang tinggi di pasar global, baik dari segi harga, efisiensi bahan bakar, maupun ketahanan.
Menariknya, dominasi Toyota tak hanya terlihat di pasar ekspor, tetapi juga di pasar domestik. Hingga September 2025, Toyota juga menjadi merek mobil yang paling laris di Indonesia, dengan total penjualan mencapai 187,8 ribu unit.
Kinerja tersebut menunjukkan kuatnya posisi Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor kendaraan Toyota, sekaligus mencerminkan stabilnya permintaan terhadap mobil buatan Indonesia di pasar global dan lokal.
Baca Juga: 10 Merek Mobil Paling Laris per September 2025, Toyota Nomor 1
Sumber:
https://www.gaikindo.or.id/indonesian-automobile-industry-data/