81% Publik Indonesia Sering Makan Mi Instan

Mi instan jadi produk makanan lokal yang paling banyak dikonsumsi publik, mencapai 81% pada 2025.

Proporsi Konsumen Produk Makanan dan Minuman Lokal Menurut Kategori

(Tahun 2025)
Ukuran Fon:

Survei Jakpat bertajuk Local Product Shopping Behavior in Indonesia mengatakan bahwa produk makanan dan minuman lokal masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, terutama mi instan sebagai makanan yang paling sering dikonsumsi oleh publik dengan persentase mencapai 81% responden.

Responden perempuan lebih sering memakan mi instan, ditandai dengan persentase konsumen perempuan yang mencapai 84% publik dibanding laki-laki yang hanya sebanyak 78% publik.

Adapun merek mi instan yang paling digemari publik adalah Indomie. Sebanyak 40% responden memilihnya sebagai merek makanan lokal yang paling sering dikonsumsi.

Setelahnya, nasi dan produk olahannya menyusul dengan proporsi publik yang sering mengonsumsinya sebanyak 76% responden, sesuai dengan budaya pangan Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok.

Bumbu masak serta penyedap mengikuti dengan persentase sebesar 68%, menunjukkan bahwa kini kepraktisan menjadi salah satu parameter yang dicari masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Memasak dapat dilakukan tanpa harus memakan waktu yang lama akibat meracik bumbu sendiri.

Di sisi lain, sebanyak 67% responden mengatakan sering mengonsumsi kopi dan minuman bubuk. Angka yang melebihi setengah responden ini menjelaskan bahwa budaya ngopi kian hari kian meluas dan digemari khalayak.

Produk roti dan kue kemasan dipilih oleh 65% publik, membuktikan munculnya tren modernisasi konsumsi pangan masyarakat perkotaan. Roti menjadi alternatif makan cepat, terutama di kota besar dengan ritme kehidupan yang padat.

Sementara itu, sebesar 63% responden mengaku tak lengkap jika makan tanpa saus & kecap, memperlihatkan preferensi masyarakat terhadap cita rasa khas Indonesia yang kental dengan pelengkap. Terakhir, susu dan produk olahannya mencatat persentase terendah dibanding kategori lain, dengan responden sebesar 55% saja.

Survei ini melakukan pengambilan data melalui kuesioner pada 24-25 Juli 2025. Dengan responden sebanyak 1.394 orang, data yang dihasilkan memiliki margin of error di bawah 5%.

Baca Juga: Ini 5 Brand Makanan Lokal Favorit Publik RI 2025

Sumber:

https://insight.jakpat.net/local-product-shopping-behavior-in-indonesia/

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook