Berapa Banyak Buah/Sayur yang Dikonsumsi Masyarakat Indonesia?

Buah dan sayur memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Meski begitu, sebagian besar masyarakat hanya mengonsumsi sebanyak 1-2 porsi setiap harinya.

Tanpa diragukan, buah dan sayur adalah makanan yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Kedua makanan ini selalu direkomendasikan oleh ahli-ahli gizi untuk dikonsumsi setiap hari. Tidak heran kalau buah dan sayur juga sering dipakai sebagai alternatif makanan untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan World Health Organization (WHO), setiap individu disarankan mengonsumsi buah atau sayur sebanyak 5 porsi per hari. Lantas, berapakah porsi yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia setiap harinya?

Melansir Survei Kesehatan Indonesia (SKI), sebagian besar masyarakat Indonesia (67,5%) mengaku mengonsumsi buah atau sayur hanya sebanyak 1-2 porsi setiap harinya.

Mengingat bahwa WHO merekomendasikan sebanyak 5 porsi setiap harinya, maka tingkat konsumsi buah dan sayur di Indonesia masih sangat kurang. Perlu kesadaran lebih dari masyarakat akan manfaat dari mengonsumsi buah maupun sayur.

Selanjutnya, 17,4% responden mengonsumsi sebanyak 3-4 porsi buah atau sayur setiap harinya. Porsi tersebut sudah sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan. Meski demikian, jumlah masyarakat Indonesia yang mengonsumsi dalam porsi tersebut harus ditingkatkan lebih jauh.

Melihat rekomendasi dari WHO, nyatanya hanya 3,3% masyarakat Indonesia yang mengonsumsi lebih dari 5 porsi. Selebihnya, 11,8% responden tidak mengonsumsi buah atau sayur sama sekali setiap harinya.

Dengan pola konsumsi buah atau sayur yang lebih baik, masyarakat Indonesia dapat hidup lebih sehat dan mengurangi risiko-risiko penyakit berbahaya. Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi buah atau sayur setiap harinya.

Baca Juga: 7 Buah Tinggi Gula, Penderita Diabetes Harus Perhatikan

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook