Pesatnya perkembangan teknologi digital mengubah cara dan kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi informasi dan berita. Laporan Digital News Report 2025 dari Reuters Institute menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan antar masyarakat dalam mengakses berita. Survei yang disebar ke 91.136 publik dari semua kelompok usia di 48 negara pada pertengahan Januari hingga akhir Februari tersebut menunjukkan kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk mengakses informasi terkini.
Di seluruh populasi, kelompok usia 18-24 tahun mendominasi ketergantungan pada sumber berita dari media sosial. Sebanyak 44% responden dari Gen Z ini lebih mengandalkan platform media sosial sebagai sumber berita utamanya daripada harus membuka website atau aplikasi berita. Persentase ini melampaui kelompok usia 25-34 tahun sebanyak 38%, 35-44 tahun sebanyak 30%, dan 45-54 tahun sebanyak 24%.
Di sisi lain, hanya 15% kelompok usia 55+ yang memilih media sosial. Namun demikian, sebanyak 48% kelompok usia 55+ masih bergantung pada TV sebagai sumber berita utama. Website dan aplikasi berita menempati posisi kedua sebagai sumber utama untuk kelompok usia ini, dengan persentase sebesar 25%.
Hasil merata terlihat pada sumber berita dari AI, podcast, radio, dan media cetak di mana hanya 1%-6% dari masing-masing kelompok usia memilih platform tersebut sebagai sumber berita utama mereka. Angka ini menunjukkan bahwa platform-platform tersebut tidak begitu populer jika dibandingkan dengan media sosial, aplikasi berita, dan TV, disebabkan oleh sulitnya akses dan kurang familiarnya kelompok usia tertentu dengan platform-platform berita tersebut.
Data ini menegaskan bahwa ada pergeseran preferensi yang sangat jelas dalam cara publik mengakses berita. Generasi muda yang lebih akrab dengan teknologi lebih memilih media sosial karena sifatnya yang cepat, ringkas, dan interaktif. Sementara itu, generasi lebih tua tetap setia pada TV yang mereka anggap lebih kredibel dan mudah diakses oleh kelompok usia mereka. Perbedaan ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi industri media untuk menyesuaikan pendekatan mereka dalam menjangkau audiens dari berbagai kelompok usia.
Baca Juga: Media Sosial Jadi Media Informasi Utama Masyarakat Indonesia
Sumber:
https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/digital-news-report/2025