TikTok telah menjadi salah satu platform online advertising terbesar di Indonesia. Tidak sedikit pelaku usaha di tanah air yang rela merogoh kocek berlebih hanya untuk di-endorse oleh para selebgram di TikTok. Semakin besar jumlah pengikutnya, maka tentu tarif yang diminta akan semakin tinggi. Menurut laporan Mediatics, rata-rata harga endorse di TikTok di Indonesia adalah Rp7 juta hingga Rp39,5 juta.
Untuk akun dengan followers 10.000 sampai 50.000, maka tarif endorsement ada di kisaran Rp7 juta. Beda lagi ceritanya kalau jumlah pengikutnya sudah mencapai lebih dari 5 juta. Tarif sekali upload video endorsement bisa mencapai Rp40 juta per unggahan.
Per tahun 2021 lalu, tarif endorsement termahal masih dipegang oleh Raditya Dika, dengan total sekali endorse menyentuh nilai yang fantastis, yakni Rp1,16 miliar. Posisi kedua ketika itu dipegang oleh Syahrini dengan biaya endorsement sebesar Rp150 juta per unggahan. Urutan ketiga dipegang pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, yang per unggahannya mencapai Rp100 juta.
Tidak bisa dipungkiri bahwa endorsement dari selebgram memang banyak berperan mendukung kesuksesan bisnis. Endorsement membuat produk semakin banyak dikenal masyarakat luas, apalagi oleh firgur yang sudah dikenal baik oleh publik. Hal ini berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian dari calon konsumen.