Proporsi Pengeluaran Masyarakat Indonesia di Bidang Kesehatan Tahun 2022

Lebih dari separuh (58,30%) proporsi pengeluaran masyarakat Indonesia di bidang kesehatan adalah untuk pengobatan.

Dari total pengeluaran kesehatan masyarakat Indonesia (meliputi yang keluar dari kantong sendiri [Out of Pocket / OOP]) maupun dibayarkan oleh pihak ketiga [asuransi kesehatan, keluarga, teman, dll]), lebih dari separuh proporsinya digunakan untuk biaya pelayanan pengobatan / kuratif. Pelayanan jenis tersebut diberikan setelah adanya penyakit / gangguan kesehatan.

Mengacu pada Profil Kesehatan Ibu dan Anak Tahun 2022 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), porsi biaya yang keluar untuk pembiayaan pengobatan / kuratif adalah sebesar 58,30% dari keseluruhan biaya kesehatan. Persentase ini menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya yaitu 72,28% pada 2020 dan 64,39% pada tahun 2021. Secara rata-rata, pengeluaran masyarakat per kapita untuk jenis layanan ini adalah Rp18.754,00 per bulannya.

Jenis pelayanan kesehatan selanjutnya yaitu pencegahan / preventif, biaya dari sektor ini sebesar 29,13%, dengan rata-rata pengeluaran penduduk adalah Rp9.370,00 perbulannya. Persentase ini meningkat sebesar 6,31% dibanding tahun 2021. Lebih dari sepertiga pengeluaran sektor ini digunakan untuk biaya tes kesehatan / kesehatan dini / medical check up, sedangkan 20% lainnya untuk pemeliharaan kesehatan lainnya seperti fitness, urut, yoga, futsal, dan lain-lain.

Sementara itu, sebesar 12,57% dari total pengeluaran biaya kesehatan diperuntukkan bagi biaya obat. Rata-rata per kapita tiap bulan untuk biaya obat masyarakat pada tahun 2022 adalah Rp4.044,00. Nilai ini menurun dibanding dengan tahun sebelumnya yaitu Rp4.395,00.

Dominannya pengeluaran masyarakat untuk sektor pengobatan / kuratif di bidang kesehatan ini menunjukkan diperlukannya transformasi sistem kesehatan yang lebih mempromosikan pola hidup sehat.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook