Meskipun harganya tergolong mahal, motor sport memiliki pasarnya sendiri di Indonesia. Motor sport populer di kalangan laki-laki muda karena desainnya yang lebih gagah dibandingkan motor jenis lain. Namun, brand dan seri motor sport apa saja yang menjadi pilihan mereka?
Menurut survei bertajuk Pola Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Memilih Sepeda Motor di 2025 yang dilakukan oleh GoodStats, ditemukan beberapa seri motor sport yang menjadi favorit publik Indonesia.
Honda CBR menjadi motor sport pilihan 30% responden, tertinggi dibandingkan seri motor sport lainnya. Hebatnya, Honda tak hanya mendominasi pasar motor sport di Indonesia, tetapi juga pasar motor matik dan motor bebek.
Dengan selisih tipis dari CBR, Yamaha R menjadi motor sport favorit bagi 27% responden. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Yamaha merupakan brand kompetitor Honda yang menjadi pemain utama dalam pasar motor Indonesia, apapun jenisnya.
Sementara itu, sebanyak 16% responden memilih motor Ninja sebagai motor sport favoritnya. Motor sport yang diproduksi Kawasaki ini memang terkenal dengan desain yang unik dan pilihan warna yang menarik sehingga banyak digandrungi oleh para laki-laki muda.
Motor yang diproduksi oleh Suzuki pun masuk ke dalam daftar. Terdapat seri KLX yang menjadi pilihan 14% responden dan seri GSX yang menjadi pilihan 12% responden.
Lebih lanjut, brand Yamaha dan Honda kembali muncul dalam daftar dengan seri Yamaha Vixion (7%) dan Honda CRF (6%). Selebihnya, sebanyak 9% responden memilih brand motor sport lainnya.
Sebagai catatan, survei ini dilaksanakan pada 1‑14 September 2025 dengan metodologi kuantitatif online survey melibatkan 1.000 panel responden Premium GoodStats yang tersegmentasi di seluruh Indonesia. Data kemudian diperkuat dengan metode kualitatif Focus Group Discussion (FGD) kepada perwakilan sampel.
Baca Juga: Motor Matik Entry Level Favorit Publik RI 2025, Scoopy dan Beat Juaranya
Sumber:
https://goodstats.id/publication/pola-perilaku-masyarakat-indonesia-dalam-memilih-sepeda-motor-di-2025-KdGV3