Berbagai terobosan baru telah diciptakan untuk meningkatkan penjualan di berbagai e-commerce tanah air. Salah satunya adalah dengan menggunakan konsep affiliate link. konsep ini memungkinkan pengguna umum untuk menemukan barang kebutuhannya dari link yang diberikan oleh orang yang disebut sebagai afiliator.
Konsep affiliate link ini terbukti dapat meningkatkan penjualan di berbagai platform e-commerce Indonesia. Dalam perkembangannya terdapat berbagai program afiliasi seperti Tokopedia Affiliate Program, TikTok Affiliate Program, Lazada Affiliate Program, Shopee Affiliate Program, dan lain sebagainya.
Tentunya dari keempat brand ini, terdapat nilai penjualan yang berbeda. Hal ini bisa disimak dari sebuah rilis survei dari lembaga SnapCart yang bertajuk "Potensi Program Afiliasi dalam Peta Persaingan E-commerce." Survei ini melibatkan responden sejumlah 500 orang yang merupakan responden yang pernah mendapat penghasilan dari affiliate link di berbagai e-commerce. Responden berusia 19 hingga 35 tahun dan tersebar di berbagai wilayah di tanah air
Dalam rilis ini, disebutkan bahwa program afiliasi dengan komisi yang paling menguntungkan ada pada SHopee Affiliate Program dengan pilihan responden sebesar 68%. Shopee jauh berada di atas urutan keduanya yaitu TikTok Affiliate Program yang berada di angka 17%.
Pada urutan ketiga, terdapat Tokopedia Affiliate Program yang memiliki presentase sebesar 12%, dilanjut Lazada Affiliate Program di angka 2%
Hal ini semakin mengingatkan kita akan pentingnya dampak affiliate program dalam meningkatkan pendapatan baik dari sisi penjual, afiliator, dan perusahaan e-commerce tanah air.