Didukung kemajuan teknologi, seluruh aktivitas kini dapat dilakukan secara online, tak terkecuali dengan aktivitas berbelanja. Melalui marketplace, pembeli dapat mencari barang yang diinginkan, membandingkan harga antar produk, dan melakukan transaksi dengan sangat mudah. Tak heran jika hampir seluruh masyarakat Indonesia kini lebih memilih berbelanja di marketplace dibandingkan di toko konvensional.
Lantas, seberapa sering masyarakat Indonesia berbelanja di marketplace?
Menurut survei “Pola Perilaku Masyarakat saat Belanja di Marketplace” yang diadakan Goodstats pada tahun 2022 lalu, sebanyak 71,4% responden menyatakan hanya berbelanja di marketplace kurang dari 5 kali per bulan. Produk yang biasa dibeli antara lain adalah pakaian, aksesoris, barang elektronik, dan skincare.
Sementara itu, 22,4% responden mengaku hanya belanja di marketplace 5-10 kali per bulan. Hanya 4,2% saja yang belanja lebih dari 10 kali per bulan di marketplace. Jika dibandingkan dengan intensitas belanja di toko konvensional, angka di atas sebenarnya cukup fantastis.
Banyak orang kini lebih memilih belanja di marketplace karena ketersediaan produknya lebih luas, harganya lebih murah didukung promo-promo fantastis, dan fleksibilitas waktu belanja.