Jabodatebak Jadi Lokasi Favorit Rumah Gen Z

Jabodetabek dan Jawa Barat menjadi daerah impian Gen Z dalam membeli properti.

Menghimpun data dari survei Property Perspective from Gen Z yang diusung Jajak Pendapat (JakPat), lokasi menjadi unsur penting bagi Gen Z dalam memilih properti yang diinginkannya. 79% responden mengaku mempertimbangkan lokasi dan akses ketika membeli suatu properti. Mereka ingin lokasi yang dekat dengan pusat kota dan fasilitas publik, seperti area transportasi dan pusat pembelanjaan.

Menariknya, mayoritas Gen Z ingin memiliki properti di daerah Jabodetabek. Kawasan tersebut mencakup wilayah administrasi DKI Jakarta, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Dari total 830 responden, 27% menyatakan impiannya untuk memiliki properti di Jabodetabek, menjadikannya daerah favorit Gen Z di Indonesia pada tahun 2023.

Selain Jabodetabek, daerah favorit lainnya jatuh kepada Jawa Barat, di mana 20% responden memilih daerah tersebut untuk membeli properti. Beberapa kota terkenal di Jawa Barat adalah antara lain Bandung, Karawang, Cianjur, Bandung Barat, hingga Tasikmalaya. 

Di urutan ketiga adalah Jawa Timur dengan perolehan 17%. Beberapa kota yang digemari Gen Z di Jawa Timur adalah kota Malang, Surabaya, Sidoarjo, dan Banywangi. Daerah di luar Jawa menempati posisi keempat dengan 16%. Adapun kota yang masuk ke dalam survei tersebut adalah Bandar Lampung, Medan, dan Makassar.

Di peringkat kelima adalah Jawa Tengah dengan 11%, termasuk di dalamnya kota Semarang dan Surakarta. DI Yogyakarta duduk di urutan keenam dengan 5%, disusul Bali dan Nusa Tenggara dengan 4%, dan Banten dengan 2%.

"Jabodetabek adalah area impian Gen Z dalam membeli properti. Jawa Barat juga menarik perhatian generasi tersebut, dengan 1 dari 5 responden mengaku menyukai daerah tersebut," ungkap JakPat dalam laporannya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook