Jejak Langkah SMA St Louis 1 Surabaya di DBL Jawa Timur

Diselenggarakan pertama kali di Surabaya, DBL Indonesia kini sudah banyak mencetak pebasket Indonesia dengan kualitas bagus.

Musim 2024 menjadi tahun ke-20 DBL Indonesia (Development Basketball League) berlangsung. Dimulai di Kota Surabaya pada 2004, kini DBL Indonesia sudah banyak melahirkan talenta basket dari berbagai daerah di Indonesia. 

Di Jawa Timur, tepatnya pada DBL East Java Series, SMA St. Louis 1 Surabaya mendominasi. Sekolah ini sudah mengoleksi 12 gelar juara jika kemenangan tim putra dan putri digabungkan. 

Kemenangan pertama diraih tim putri pada 2005. Sempat puasa gelar selama lima tahun berikutnya, tim putra berhasil mempersembahkan trofi juara untuk SMA St. Louis 1 Surabaya pada 2011. 

Kemenangan demi kemenangan diraih sekolah ini setelahnya. Tim basket putra dan putri SMA St. Louis 1 Surabaya hanya sempat absen di panggung tertinggi DBL East Java Series pada 2013 dan 2017. Bahkan mereka sempat mengawinkan trofi juara pada 2015.

Sejak musim ke-11 DBL, Tim Putra SMA St. Louis 1 Surabaya selalu berada di garis kemenangan hingga 2023 lalu. Apabila SMA St. Louis 1 Surabaya terkenal dengan tim putranya, maka SMA Gloria 1 Surabaya lebih terkenal akan tim putrinya. Tim Putri SMA Gloria 1 Surabaya berhasil menjadi juara bertahan dalam empat musim terakhir. Sebelumnya, Tim Putri SMA Gloria 1 Surabaya pernah juara pada 2011. 

SMA Frateran Surabaya memiliki rekor yang sama dengan SMA Gloria 1 Surabaya. Bedanya, Tim Frateran mengoleksi sebanyak lima juara dari tim putra dan putri, tiga juara diperoleh tim putra dan dua juara diperoleh tim putri. Pada 2010, SMA Frateran Surabaya keluar sebagai juara umum setelah mengawinkan dua trofi juara.

Selain ketiga tim tersebut, terdapat sejumlah tim dari sekolah lain yang sempat merebut gelar juara. SMA YPPI 2 Surabaya menjuarai tim putri saat DBL pertama kali digelar dan mengoleksi total 2 trofi.

Era berganti, posisi juara tim putri digantikan oleh SMA Ciputra Surabaya pada 2007 dan 2008. Di waktu yang bersamaan, SMA Petra 4 Surabaya mengambil alih juara untuk tim putra. Dua sekolah ini bersama tim SMA Negeri 8 Malang mengoleksi masing-masing dua juara. 

DBL East Java Series 2024 akan diselenggarakan mulai Agustus.

Baca Juga: Daftar Tim Langganan Juara Basketball Champions League Asia

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook