Setelah menjalani keseharian yang melelahkan, berwisata menjadi opsi yang tepat untuk menenangkan pikiran sejenak. Berlibur ke luar negeri menjadi salah satu pilihan menarik bagi beberapa orang. Umumnya wisatawan melakukan perjalanan ke luar negeri untuk mencari pengalaman baru dan beberapa hal lainnya yang tidak dapat ditemukan di negara sendiri.
Pada 3 Januari hingga 23 Februari 2024, ISEAS-Yusof Ishak Institute menyelenggarakan survei bertajuk The State of Southeast Asia 2024 yang bertujuan untuk meneliti persepsi dan pandangan masyarakat Asia Tenggara mengenai perkembangan dan kondisi geopolitik yang mempengaruhi kawasan ASEAN. Salah satu poin yang ditanyakan dalam survei tersebut adalah negara favorit untuk berlibur, untuk mengukur soft power sebuah negara dalam kawasan regional.
Terdapat lima kelompok utama yang dijadikan target responden pada survei tersebut yaitu, akademia/peneliti, perwakilan sektor swasta, masyarakat sipil/perwakilan lembaga swadaya masyarakat/perwakilan media, pejabat pemerintah, dan anggota organisasi regional atau internasional. Survei tersebut berhasil menjaring total 1.994 responden dari seluruh negara ASEAN, kecuali Timor Leste.
Berdasarkan survei tersebut, 30,4% responden memilih Jepang sebagai destinasi wisata favorit. Negara-negara ASEAN menyusul di peringkat selanjutnya dengan jumlah responden sebanyak 16,2%. Dari 323 responden yang memilih ASEAN, Thailand (30,6%), Indonesia (14%), dan Malaysia (13,9%) menjadi tiga besar destinasi pilihan responden.
Korea Selatan menyusul di peringkat ketiga dengan jumlah responden di angka 10,3%. Negara anggota Uni Eropa juga menjadi salah satu pilihan utama dengan jumlah jawaban responden sebesar 9,9%. Australia masuk ke dalam lima besar negara favorit responden ASEAN untuk liburan dengan raihan 7,9%.
Terdapat lima negara lainnya yang juga dijadikan opsi dalam survei, namun kurang diminati responden yaitu, Selandia Baru (7,8%), Amerika Serikat (6,9%), China (5,9%), Britania Raya (3,6%), dan India (1%).
Baca Juga: Saling Berbeda, Intip Bagaimana Preferensi Liburan Gen Z dan Milenial Tahun 2024