OTT atau Over-the-top merupakan sebuah layanan streaming yang menayangkan konten di internet. Beberapa layanan OTT terkenal di kalangan masyarakat, seperti Netflix, Viu, Disney+ dan lainnya.
Kantar, organisasi analisis bisnis dan data pemasaran baru-baru ini meneliti terkait penggunaan OTT di Indonesia. Kantar menyebutkan bahwa pengguna OTT, khususnya di Indonesia menyukai layanan ini karena dinilai sangat fleksibel. OTT memungkinkan pengguna menonton apa pun yang diinginkan, kapan pun, di perangkat apa pun, dan dari lokasi mana pun.
“Kenyamanan dan kemudahan ini menyulitkan pengguna untuk beralih kembali ke saluran konvensional,” tulis Kantar.
Kantar turut mensurvei genre paling populer di kalangan penonton OTT Indonesia. Berdasarkan hasil survei, terdapat lima genre favorit pilihan penonton OTT Indonesia, yaitu genre Korea, western atau barat, lokal, Jepang dan China.
Korea menjadi genre paling populer di kalangan pengguna OTT Indonesia. Masuknya kebudayaan Korea melalui drama dan film dinilai memberikan banyak pengaruh kepada konten OTT di Indonesia. Rupanya, genre film dan drama Korea populer di kalangan penonton wanita. 75% penonton wanita Indonesia menempatkan konten Korea pada pilihan pertama dan keduanya.
Survei Kantar menunjukkan 57% pengguna OTT Indonesia menempatkan genre Korea sebagai favoritnya. Angka ini rupanya telah naik 15 poin persen di beberapa tahun terakhir.
Di posisi kedua genre favorit penonton OTT Indonesia adalah konten barat atau western. Kantar menjabarkan bahwa 56% penonton memilih genre ini sebagai tontonan favoritnya. Pada beberapa tahun terakhir, angka ini turun 9 poin persen.
Genre lokal turut menjadi favorit pengguna OTT Indonesia. Berada di urutan ketiga, sebanyak 40% responden memilih film atau serial lokal sebagai konten favoritnya. Hal ini dinilai karena adanya pengaruh perkembangan film lokal Indonesia yang semakin bagus.
Genre Jepang dan China menjadi penutup daftar ini. Kantar menunjukkan bahwa 18% pengguna OTT Indonesia menyukai konten dari Jepang, seperti anime atau dorama (drama Jepang). Sementara itu, terdapat 11% pengguna lainnya yang memilih konten China di OTT sebagai favoritnya.