Perusahaan-perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar yang besar mencerminkan posisi yang dominan di pasar global. Mereka juga memiliki pengaruh yang signifikan dalam perekonomian dunia.
Terdapat dua istilah yakni kapitalisasi pasar dan nilai pasar seringkali disalahartikan. Kapitalisasi pasar adalah ukuran nilai sebuah perusahaan yang dihitung berdasarkan jumlah total saham yang beredar, sedangkan nilai pasar mencakup nilai perusahaan yang lebih general dan kompleks. Keduanya memiliki indeks penilaian yang berbeda meskipun keberadaan kapitalisasi pasar juga dapat termasuk kedalam nilai pasar.
Menggali dunia fashion melalui kapitalisasi pasar saham didapati bahwa perusahaan dari Prancis yakni LVMH berada di urutan pertama dengan kapitalisasi pasar sebesar 479 miliar USD. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan terbesar di industri fashion dan merupakan pemain utama dalam industri barang mewah. Dibawahnya persis terdapat kedua perusahaan fashion familiar, yaitu Nike dengan kapitalisasi pasar sebesar 182 miliar USD dan Dior kapitalisasi pasar sebesar 164 miliar USD.
Diposisi keempat terdapat Inditex yaitu perusahaan yang terkenal dengan pendekatan fast fashion seperti Zara, Pull&Bear, Bershka dan lainnya yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar 104 miliar USD. Selanjutnya disusul oleh kedua perusahaan yang berbasis di Amerika dan Jepang yaitu TJX Companies dengan 91 miliar USD dan Fast Retailing dengan 80 miliar USD.
Sebuah perusahaan fashion yang berasal dari Prancis yang dikenal dengan merek-merek ternama seperti Gucci, Saint Laurent, Balenciaga yaitu perusahaan Kering juga masuk kedalam kategori ini dengan kapitalisasi pasar sebanyak 71 miliar USD. Selanjutnya terdapat Lululemon athletica dengan nilai kapitalisasi sebesar 48 miliar USD, Ross Stores dengan 36 miliar USD, dan ditutup oleh Adidas dengan 31 miliar USD.