Radio masih menjadi salah satu media favorit bagi masyarakat Indonesia meskipun jumlah pendengarnya terus menurun di tengah banyaknya gempuran alternatif platform digital lainnya yang muncul saat ini. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa 10,3% orang Indonesia masih setia mendengarkan radio. Namun, di mana sebenarnya tempat favorit masyarakat untuk mendengarkan radio?
Survei GoodStats pada 2024 menunjukkan bahwa tempat tinggal atau rumah masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia untuk mendengarkan radio. Dari survei tersebut, sekitar 48,5% responden atau hampir setengahnya memilih tempat tinggal sebagai tempat favorit mereka untuk mendengarkan radio. Umumnya, masyarakat mendengarkan radio di tempat tinggal saat pagi hari sebelum beraktivitas atau saat memiliki waktu luang.
Sementara itu, ada sekitar 32,5% responden yang memilih mendengarkan siaran radio di kendaraan atau di perjalanan. Radio di kendaraan seakan menjadi teman yang ideal selama perjalanan, terutama di kota-kota besar yang sering dihadapi dengan kemacetan. Pendengar dapat mengikuti berita atau menikmati musik sebagai hiburan mengisi waktu.
Selain di tempat tinggal dan kendaraan, survei tersebut juga mencatat bahwa 8% responden lebih sering mendengarkan radio di tempat bekerja atau belajar. Selain itu, sebanyak 7% responden mendengarkan radio di tempat umum, seperti kafe, restoran, taman, fasilitas olahraga, dan berbagai tempat umum lainnya.
Sementara itu, sebanyak 4% responden lainnya tercatat mendengarkan radio di tempat-tempat lain yang tidak termasuk kategori utama. Angka ini menunjukkan bahwa radio memiliki fleksibilitas yang luas, baik di rumah, di jalan, maupun di tempat lain. Fleksibilitas inilah yang membuat radio tetap relevan dan populer di kalangan masyarakat Indonesia sekarang, meskipun teknologi media terus berkembang.
Adapun survei dilakukan pada 5-16 Oktober 2024 secara online melibatkan 500 responden tersegmentasi di seluruh Indonesia. Sebanyak 12% responden berusia di bawah 18 tahun, sedangkan 88% lainnya berusia 18-25 tahun.
Baca Juga: 11% Gen Z Masih Setia Dengarkan Radio Setiap Hari