10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah, Cocok untuk Berhemat!

Daftar negara dengan biaya hidup termurah di dunia dapat menjadi pilihan untuk kalian yang ingin menikmati hidup hemat.

Biaya hidup adalah jumlah uang yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat kenyamanan tertentu di suatu lokasi. Biaya hidup mencakup kebutuhan dasar seperti perumahan, bahan makanan, pajak, dan perawatan kesehatan.

Beberapa negara memiliki biaya hidup yang sangat tinggi, terutama di daerah kota besar. Misalnya, di Amerika Serikat, kota-kota seperti New York dan San Francisco memiliki biaya hidup yang sangat tinggi sedangkan daerah seperti pedesaan di Mississippi, Kansas, atau Oklahoma cenderung lebih terjangkau.

Sebaliknya, beberapa negara memiliki biaya hidup yang sangat rendah yang dapat dijadikan tujuan menarik bagi pensiunan atau lainnya yang tertarik untuk mengurangi pengeluaran mereka. Misalnya, Mesir, Nepal, dan India terkenal sebagai negara dengan biaya hidup yang sangat rendah.

Adapun perhitungan biaya hidup dimulai dengan mencatat biaya berbagai kebutuhan, dari sewa/hipotek dan perawatan kesehatan hingga harga kebutuhan harian di kota tertentu. Biaya-biaya tersebut kemudian dibandingkan dengan harga kebutuhan yang sama di lokasi acuan seperti Kota New York di Amerika Serikat atau Praha di Republik Ceko. Terakhir, angka-angka untuk setiap wilayah di suatu negara dirata-ratakan untuk memungkinkan perbandingan antar negara.

Setiap survei biasanya menambahkan perhitungan mereka sendiri, yang mungkin membuat daftar yang dihasilkan sedikit berbeda. Namun, negara-negara seperti Mesir, Nepal, dan India konsisten muncul di daftar negara dengan biaya hidup termurah.

Mengidentifikasi negara dengan biaya hidup termurah sangat membantu dalam mencari cara untuk mengurangi pengeluaran, baik untuk masa pensiun atau hanya mencari gaya hidup yang lebih terjangkau. Pakistan, Libya, dan Mesir adalah tiga negara yang muncul di berbagai daftar sebagai negara dengan biaya hidup paling rendah di tahun 2024.

Dengan memahami metodologi perhitungan biaya hidup dan faktor-faktor yang memengaruhinya, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih tempat tinggal yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Baca Juga: Negara ASEAN dengan Biaya Hidup Termahal, Indonesia Nomor Berapa?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook