Semakin berkembangnya dunia digital membuat semua orang kini dapat melakukan apa saja di dalamnya. Mulai dari mendengarkan musik, belanja, bekerja, belajar, menonton film, mendengarkan berita, membaca buku, dan masih banyak lagi. Meningkatnya minat publik terhadap internet dan dunia digital membuat pebisnis mengambil kesempatan. Kini, hampir semua konten yang ada di internet itu berbayar. Spotify dan Netflix adalah salah satu contohnya.
Melansir Data Reportal, di tahun 2023 ini, konten streaming film, drama, dan program TV menjadi konten digital yang paling banyak dibeli di internet seperti Viu, Netflix, dan lain sebagainya. Sebanyak 31,7% pengguna internet usia 16-64 tahun membeli konten tersebut.
Urutan kedua diduduki oleh konten streaming musik dengan nilai 24,2%. Konten download musik berada di posisi ketiga dengan 19,6%. Aplikasi mobile dan game berada di urutan keempat dan kelima dengan 17,7% dan 17,3%.
Selain beberapa konten digital di atas, penduduk dunia juga turut menghabiskan uang untuk membeli konten e-book, berita, majalah online, material belajar, hingga web service.