6 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru Juaranya

Dengan lebih dari 150 gunung yang tersebar, berikut ini adalah 6 gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Mendaki gunung selalu menawarkan pengalaman yang menakjubkan bagi para pecinta alam. Tidak hanya menguji ketahanan fisik, mendaki gunung menghadirkan pengalaman unik yang tidak dapat terlupakan melalui indahnya pemandangan selama pendakian.

Terletak di jalur Ring of Fire, Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif maupun tidak aktif. Gunung-gunung tersebut tersebar di berbagai pulau di Indonesia, salah satunya adalah Pulau Jawa. Sebagai pulau dengan gunung berapi terbanyak di Indonesia, berikut ini adalah daftar gunung-gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Semeru menduduki peringkat pertama dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain keindahan alam di puncaknya, Gunung Semeru juga terkenal dengan tempat-tempat indah di kaki gunungnya seperti Ranu Pani, Ranu Kumbolo, dan Air Terjun Coban Sewu.

Kedua, terdapat Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Gunung ini dikenal memiliki medan pendakian yang sulit karena didominasi oleh batuan pasir. Namun, perjalanan yang ditempuh pendaki ini akan sepadan dengan indahnya pemandangan di puncak.

Selanjutnya, Gunung Sumbing di urutan ketiga memiliki ketinggian 3.371 mdpl. Gunung Sumbing dikenal sebagai gunung kembar dengan Gunung Sindoro yang berada berhadap-hadapan. Meskipun memiliki ketinggian yang cukup mirip, jalur pendakian Gunung Sumbing terkenal jauh lebih sulit dibandingkan dengan Gunung Sindoro.

Pada peringkat berikutnya adalah Gunung Arjuno dengan ketinggian 3.339 mdpl. Uniknya, letak Gunung Arjuno bersebelahan dengan tiga gunung lainnya yaitu Gunung Welirang, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Bahkan, puncak dari gunung ini sangat berdekatan dengan Gunung Welirang sehingga sering kali disebut Gunung Arjuno-Welirang.

Gunung Raung menempati urutan kelima dengan ketinggian 3.332 mdpl, sedikit di bawah Gunung Arjuno. Gunung ini sering diakui sebagai gunung terekstrim di Pulau Jawa. Perjalanan menuju puncak Gunung Raung dikelilingi oleh jurang-jurang sehingga pendaki yang ingin melewati tebing tersebut wajib menggunakan tali pengaman.

Pada posisi keenam dan terakhir, Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Gunung ini memiliki tiga puncak yang terkenal yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumilah, dan Hargo Dumiling. Hargo Dalem menjadi puncak yang tertinggi, ditandai dengan adanya Tugu Hargo Dalem yang ikonik bagi para pendaki.

Baca Juga: 7 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook