Media Sosial Teratas Orang Indonesia untuk Membagikan Berita

Media online termasuk media sosial menjadi sumber utama masyarakat untuk mengakses berita. Lantas, media sosial mana yang paling banyak digunakan untuk berita?.

The Reuters Institute for The Study of Journalism (RISJ) merupakan sebuah lembaga riset dari Oxford University yang berdedikasi untuk mengeksplorasi masa depan jurnalisme di seluruh dunia melalui debat, keterlibatan, dan penelitian.

Salah satu produk tahunan dari RISJ adalah sebuah laporan berjudul "Digital News Report" yang mengungkapkan konsumsi berita digital pada beberapa negara di dunia. Adapun laporan terbaru pada tahun 2023 didasarkan pada survei YouGov terhadap 93.000 konsumen berita daring di 46 pasar yang mencakup setengah populasi dunia.

Untuk Indonesia sendiri, RISJ mencatat kepercayaan responden terhadap berita relatif stabil dari 2021 hingga 2023, yaitu di angka 39% dengan media online termasuk media sosial yang menjadi sumber berita paling populer di Indonesia.

Secara lebih rinci, 84% responden Indonesia tercatat memilih media online sebagai sumber utama untuk mengakses berita pada 2023. Meski demikian, angka ini telah menurun sebesar 5% dibandingkan data 2021.

Dalam laporannya, RISJ juga mencatat angka "share news" di Indonesia mencapai 38%. Hal ini berarti 38 dari 100 orang Indonesia sebagai responden membagikan berita melalui media sosial, aplikasi pesan, atau email.

WhatsApp pun keluar sebagai media sosial dan aplikasi pesan teratas yang digunakan orang Indonesia untuk membagikan pesan. Dari 82% responden yang menggunakan WhatsApp, sebanyak 51% diantaranya menggunakan WhatsApp untuk membagikan berita.

Selanjutnya, peringkat kedua diduduki oleh Youtube. Di mana dari 78% responden yang menggunakan Youtube, sebanyak 48% diantaranya menggunakan Youtube untuk membagikan berita.

Facebook juga masuk dalam tiga peringkat teratas dalam daftar media sosial yang paling banyak digunakan responden, yaitu angkanya mencapai 59%. Lebih lanjut, 38% diantaranya menggunakan Facebook untuk membagikan berita.

Hasil ini diikuti dengan Instagram (37%), Tik Tok (22%), dan Twitter (21%) sebagai tiga peringkat teratas selanjutnya yang menjadi media sosial yang paling banyak digunakan responden untuk membagikan berita di Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook