Analisis Emosi Warganet terhadap Program Koperasi Desa Merah Putih

Emosi dominan terhadap program Koperasi Desa Merah Putih adalah bahagia (4,9 ribu unggahan), percaya (3,8 ribu unggahan), dan antisipasi (1,6 ribu unggahan).

Analisis Emosi Warganet terhadap Program Koperasi Desa Merah Putih

(20 Oktober 2024-20 Oktober 2025)
Ukuran Fon:

Koperasi Desa Merah Putih termasuk ke dalam program prioritas dalam pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Program ini merupakan upaya pemerintah untuk membentuk lembaga ekonomi di tingkat desa dan kelurahan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui prinsip gotong royong dan kekeluargaan.

Koperasi Desa Merah Putih ini menjadi wadah untuk mengembangkan usaha bersama, mengakses layanan keuangan tanpa riba, meningkatkan daya tawar petani, dan menciptakan lapangan kerja lokal.

Terlepas dari manfaat Koperasi Desa Merah Putih, program ini ternyata memicu berbagai emosi publik di platform daring. Drone Emprit melakukan analisis emosi publik terhadap Koperasi Desa Merah Putih di berbagai platform daring seperti Twitter (X), Facebook, Youtube, TikTok, dan media online. Data percakapan publik diambil dari tanggal 20 Oktober 2024-20 Oktober 2025, menggunakan kata kunci Koperasi Desa, Kopdesa, Koperasi Merah Putih, dan Koperasi MP.

Berdasarkan analisis ini, ditemukan delapan jenis emosi dalam percakapan publik yang berkaitan dengan Koperasi Desa Merah Putih, yaitu bahagia, percaya, antisipasi, marah, terkejut, muak, sedih, dan takut.

Emosi yang paling dominan dalam percakapan daring terkait Koperasi Desa Merah Putih adalah bahagia, dengan jumlah unggahan sekitar 4,9 ribu di berbagai platform daring. Hal ini menunjukkan adanya dukungan warganet terhadap berjalannya program ini dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, percaya merupakan emosi yang sering muncul kedua dengan sekitar 3,8 ribu unggahan di platform daring. Rasa percaya ini muncul karena terdapat inisiatif dari pemerintah untuk membangun 80.000 koperasi dan menciptakan lapangan kerja baru.

Antisipasi menjadi emosi yang paling sering muncul ketiga dalam platform daring, jumlahnya sekitar 1,6 ribu. Emosi ini didorong oleh adanya risiko kegagalan dalam program dan memiliki potensi korupsi yang cukup tinggi.

Ragam emosi lain terhadap program ini mencakup terkejut (583 unggahan), marah (331 unggahan), muak (280 unggahan), sedih (227 unggahan), dan takut (183 unggahan).

Baca Juga: Analisis Emosi Warganet terhadap Program Makan Bergizi Gratis

Sumber:

https://x.com/DroneEmpritOffc/status/1984204862628982852/photo/1

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook