Lewat Internet, Cara Promosi yang Paling Banyak Dipilih Usaha Makan-Minum di Indonesia

Sebanyak 86,74% usaha makan / minum Indonesia telah berjualan secara daring. Selaras dengan hal tersebut, promosi secara daring pun menjadi pilihan terbanyak.

Persentase Penggunaan Saran Promosi pada Usaha Penyedia Makan Minum Skala Menengah Besar, 2021

Sumber: Badan Pusat Statistik (BPS), 2023
GoodStats

Statistik Penyedia Makan Minum Indonesia Tahun 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa sebagian besar (86,74%) usaha penyedia makan / minum berskala menengah-besar di Indonesia telah melakukan penjualan secara daring (online). Hanya sebagian kecil sisanya (13,26%) yang belum melakukan penjualan secara daring.

Dilansir BPS, usaha penyedia makan / minum makin berkembang seiring perkembangan pariwisata. Selain itu, pengemasan secara modern dan didukung perkembangan teknologi melalui media sosial dapat menarik perhatian calon pengunjung tertarik untuk mencoba.

Selaras dengan berkembangnya penjualan usaha makan / minum secara daring,, ternyata sarana promosi yang dipilih para pengusaha tersebut juga banyak (63,18%) yang memanfaatkan media daring untuk memasarkan usaha mereka. 

Di sisi lain, terdapat pula mereka yang mempromosikan usaha mereka melalui spanduk (44,22%) maupun selebaran brosur (23,79%).

Tidak ketinggalan, promosi melalui media cetak seperti surat kabar dan majalah pun masih dijadikan opsi dari sebanyak 8,99% usaha. Sebanyak 7,52% pengusaha penyedia makan / minum juga memilih opsi promosi melalui siaran televisi serta radio.

Sebagian lainnya yaitu sebanyak 9,17% menjatuhkan pilihan pada sarana promosi lain yang tidak disebutkan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook