Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu memasuki bulan Ramadan. YouGov meluncurkan survei bertajukĀ Ramadan 2024 in Indonesia: Trends in Festive Shopping, THR Spending and Mudik TravelĀ yang bertujuan untuk memahami perilaku umat Muslim selama Lebaran berlangsung, salah satunya dengan THR.
Nyaris sepertiga (58%) responden mengaku berencana untuk menabung sebagian THR yang diterimanya dan juga untuk donasi. Sementara itu, 55% responden berencana menggunakan THR-nya untuk belanja, 48% hendak memberikannya ke keluarga, sahabat, atau orang-orang di sekitarnya yang membutuhkan.
Menariknya, terdapat sekitar 27% responden yang berencana menggunakan THR untuk melunasi utangnya. 26% memilih untuk mengalihkan uangnya untuk investasi, 26% untuk mudik, dan sisanya dipakai untuk berlibur.
Apabila melihat kelompok usianya, proporsi gen Z yang memilih untuk menabung THR-nya lebih tinggi dibandingkan generasi milenial maupun gen X. Adapun THR yang diterima gen Z (lahir tahun 1997-2009) mayoritas akan ditabung (65%), digunakan untuk belanja (49%), dan Zakat (45%).
Sementara itu, untuk generasi milenial (lahir tahun 1981-1996), mayoritas THR rencanya akan digunakan untuk Zakat (64%), belanja (58%), dan diberikan ke orang tua, keluarga, maupun rekan kerja (56%). Terakhir, untuk gen X (lahir tahun 1965-1980), mayoritas THR rencananya akan digunakan untuk Zakat (72%), belanja (63%), dan untuk diberikan ke sesama (57%).