Milenial Dominasi Pemilik Usaha E-Commerce 2024

Sebanyak 42,23% pemilik usaha e-commerce merupakan Milenial, disusul Gen X (38,19%), Gen Z (9,95%), dan Baby Boomer (9,62%).

Persentase Pengusaha E-Commerce di Indonesia Menurut Kelompok Usia

(Tahun 2024)
Ukuran Fon:

Ledakan pengguna internet Indonesia mendorong perubahan perilaku belanja masyarakat. E-commerce semakin digemari sebagai ruang usaha yang mampu menjangkau pasar yang lebih luas, membuka babak baru dalam ekonomi berbasis digital di Indonesia.

Pada 2024, jumlah usaha e-commerce di Indonesia mencapai 4,4 juta, naik 15,3% dibanding tahun 2023. Nilai transaksi keseluruhan mencapai Rp1.288,93 triliun, dengan 99,08% transaksi masih menjangkau area pengiriman dalam negeri, dengan 66,87% di area Jawa.

Jika ditinjau dari usia pemiliknya, maka mayoritas pemilik e-commerce berasal dari kelompok Milenial. Rinciannya, 42,23% pengelola usaha e-commerce berusia 30-44 tahun. Gen X (usia 45-59 tahun) menyusul dengan proporsi mencapai 38,19%, diikuti Gen Z (usia 15-29 tahun) sebanyak 9,95% dan Baby Boomer (usia +60 tahun) dengan 9,62%.

Hal ini menunjukkan bahwa kebanyakan pemilik usaha e-commerce masih berada di kelompok usia produktif, yang umumnya dikenal lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi dan aktif memanfaatkan inovasi digital dalam kegiatan usaha. 

Sementara itu, kelompok dengan usia yang lebih dewasa memiliki pengalaman lebih panjang dan jaringan bisnis yang kuat. Hal ini menegaskan bagaimana peralihan ke e-commerce bukan hanya sekadar dorongan teknologi, melainkan kebutuhan ekonomi untuk memastikan keberlanjutan bisnis di tengah disrupsi teknologi.

Jika ditinjau berdasarkan jenis kelamin, maka pemilih usaha e-commerce didominasi laki-laki dengan 55,53%. Meski begitu, partisipasi perempuan tercatat naik 1,69% dibanding 2023, sedangkan laki-laki malah turun. Hal ini mencerminkan fleksibilitas dan inklusivitas yang ditawarkan usaha e-commerce, yang memungkinkan perempuan untuk menjalankan usahanya dari mana saja.

Lebih lanjut, mayoritas usaha e-commerce merupakan perdagangan besar dan eceran, dengan proporsi mencapai 31,88%. Banyak pula yang berkecimpung di sektor akomodasi dan makan minum, mencapai 23,97%, diikuti industri dengan 20,66%.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan ke Situs E-Commerce Indonesia Melemah

Sumber:

https://www.bps.go.id/id/publication/2025/11/28/647323224ecc656c2933571b/statistik-e-commerce-2024.html

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook