Mobile Legends Jadi Game MOBA Paling Laris di Indonesia

Mobile Legends jadi game MOBA paling laris di Indonesia dengan total unduhan 27 juta kali. Dibandingkan game MOBA lain, ada selisih 20 juta unduhan.

E-sport kini jadi cabang olahraga yang berkembang pesat. Di Indonesia, cabang olahraga ini banyak digemari anak muda. Hal ini membuat beberapa game yang dilombakan dalam kompetisi e-sport memiliki jumlah download yang fantastis. Dari popularitas, game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) memimpin genre lain.

Data dari Statista menunjukkan sepuluh peringkat game MOBA dilihat dari jumlah download di App Store dan Google Play per 2023. Sepuluh game tersebut, yakni Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Garena RoV: Lunar New Year, Pokemon UNITE, ONE PIECE, League of Legends: Wild Rift, Heroes Arena, Heroes Evolved, MARVEL Super War, Heroes Arise Beta, dan Lokapala.

Mobile Legends game MOBA paling laris dengan jumlah download sekitar 27 juta. Game ini jugalah yang dijuarai tim e-sport Indonesia dalam kompetisi internasional IESF Bali 14th World Esports Championship pada 2022 silam, serta pada 2023 ajang game ini membawa Indonesia jadi runner-up di kompetisi yang sama. 

Posisi kedua game MOBA dengan jumlah download terbanyak diraih Garena RoV: Lunar New Year yang telah diunduh 2,7 juta kali. Dibandingkan dengan MLBB, maka terlihat selisih jumlah download yang sangat besar, mencapai lebih dari 20 juta download.

Pokemon UNITE masuk tiga besar dengan jumlah download lebih dari 2,1 juta. Dibandingkan Garena, maka ada selisih kurang lebih 600 ribu download saja. Game terakhir yang jumlah downlaod-nya mencapai jutaan yakni ONE PIECE, dengan total sekitar 1,7 juta kali unduhan.

Posisi kelima hingga tujuh peringkat game MOBA terlaris di Nusantara memiliki jumlah download kurang dari 500 ribu. Secara berurutan dari posisi lima hingga tujuh, yakni League of Legends: Wild Rift (466 ribu unduhan), Heroes Arena (423 ribu unduhan), dan Heroes Evolved (418 ribu unduhan).

Berikutnya, posisi kedelapan hingga sepuluh diraih game MOBA yang jumlah unduhnya kurang dari 400 ribu. MARVEL Super War di posisi kedelapan dengan jumlah 396 ribu download, Heroes Arise Beta di posisi kesembilan dengan total 273 ribu unduhan, dan kesepuluh adalah Lokapala dengan kisaran 271 ribu unduhan.

Jika peringkat satu dan sepuluh dibandingkan, selisih jumlah download-nya nyaris mencapai 27 juta. Angka tersebut bahkan setara dengan total unduhan Mobile Legends sendiri. Perbedaan ini membuktikan kepopuleran MLBB di tanah air. Tak heran jika ekonomi kreatif Indonesia pun ikut terdorong berkat e-sport Mobile Legends.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook