Dunia digital semakin melebur dalam keseharian masyarakat Indonesia, memengaruhi ragam aktivitas termasuk dalam berbelanja. Dengan hadirnya platform e-commerce, kini setiap kebutuhan dapat dipenuhi hanya dengan sentuhan layar. Belanja kebutuhan pokok, pakaian, gadget, dan produk lainnya kini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Tidak heran jika frekuensi transaksi e-commerce di Indonesia cukup tinggi.
Data dari Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menyebutkan bahwa 48,4% responden melakukan transaksi di e-commerce minimal sekali sebulan dan 32,4% responden kurang dari sekali per bulan. Sebanyak 17,2% responden bertransaksi di e-commerce paling tidak sekali seminggu, bahkan ada pula 2,1% responden yang melakukan transaksi e-commerce setiap hari, mencerminkan bagaimana e-commerce telah merubah pola belanja masyarakat Indonesia.
Adapun data ini diperoleh dari survei terhadap 18.564 responden usia 15-64 tahun di 38 provinsi pada 2025. Tingkat kepercayaan mencapai 95% dengan margin of error sebesar 5%.
Menurut laporan Cashing in on the Digital Boom Maret 2025 yang dirilis Mandiri Institute, nilai transaksi e-commerce di Indonesia diestimasi mencapai Rp487 triliun, jadi yang tertinggi setidaknya sejak 2017. Pertumbuhan nilai transaksi ini juga masif, dengan hanya Rp42 triliun pada 2017, kemudian naik lebih dari dua kali lipat mencapai Rp106 triliun pada 2018 dan melonjak menjadi Rp206 triliun pada 2019.
Pada 2020, kenaikan sedikit melambat menjadi Rp253 triliun, yang kemudian kembali melonjak mencapai Rp401 triliun pada 2021. Nilai transaksi e-commerce pada 2022 mencapai Rp476 triliun dan pada 2023 sebesar Rp454 triliun.
Pertumbuhan ini mencerminkan bagaimana e-commerce semakin dipercaya sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan dengan mudah, praktis, dan cepat. Hal ini sekaligus merubah perilaku masyarakat dalam berinteraksi dengan pasar.
Baca Juga: Shopee Jadi E-Commerce yang Paling Banyak Diakses di Indonesia 2025
Sumber:
https://imdi.sdmdigital.id/unduh-laporan/Publikasi%20Indeks%20Masyarakat%20Digital%20Indonesia%28IMDI%29