Pemanfaatan kecerdasan artifisial (AI) dalam aktivitas sehari-hari sudah bukan lagi hal asing. Di Indonesia, teknologi satu ini tidak lagi terbatas pada industri atau kelompok tertentu, tapi juga mulai diadopsi oleh berbagai generasi, mulai dari generasi muda yang memang tumbuh dengan teknologi digital hingga generasi senior yang perlahan beradaptasi dengan inovasi baru.
Survei Diginex yang bekerja sama dengan Inventure dan ivosights memberikan gambaran menarik terkait tingkat adopsi AI lintas generasi di Indonesia. Generasi muda tampak lebih dominan, namun generasi yang lebih tua juga tidak mau ketinggalan.
Baca Juga: Simak 7 Alasan Publik RI Gunakan AI
Sebanyak 93% responden Gen Z mengaku telah menggunakan AI, sama dengan 93% responden Milenial. Hanya 7% dari masing-masing kelompok generasi yang tercatat tidak pernah menggunakan AI. Sementara itu, tingkat adopsi di kelompok Gen X lebih rendah. Hanya 62% responden Gen X yang pernah memanfaatkan AI dalam pekerjaan sehari-hari, sedangkan 38% sisanya tidak pernah.
Perbedaan latar belakang, tingkat literasi digital, dan kebutuhan sehari-hari membuat tingkat adopsi AI lintas generasi cenderung beragam. Sebanyak 25% responden yang tidak menggunakan AI tercatat bingung karena merasa AI terlalu rumit, sedangkan 19% merasa belum membutuhkan AI. Ada pula kekhawatiran akan keamanan data, kepercayaan, dan keraguan akurasi informasi yang disampaikan, yang menghalangi sebagian responden untuk memanfaatkan AI.
Menariknya, percakapan publik mengenai AI juga terus meningkat, didominasi sentimen positif. Pada Kuartal III 2025, terdapat 45,8 ribu percakapan positif terkait AI di media sosial, 5,8 ribu bersentimen negatif, dan 58,9 ribu sisanya cenderung netral.
Sentimen positif berkaitan dengan manfaat dan teknologi AI, kreativitas hasil AI, serta tips dan edukasi menggunakan AI. Sebaliknya, sentimen negatif mencakup percakapan seputar konten fake, masalah privasi dan keamanan, serta dampak AI yang dianggap gila.
Adapun survei ini melibatkan 625 responden yang mayoritas berdomisili di Jabodetabek. Sebanyak 69% responden merupakan Gen Z, 26% Milenial, dan 3% merupakan Gen X dari ragam profesi dan latar belakang, memberi gambaran komprehensif lintas generasi mengenai tren digital di Indonesia pada 2026.
Baca Juga: Pelajar Jadi Golongan yang Paling Sering Gunakan AI
Sumber:
https://diginex.id/download.html