Salah satu aktivitas yang banyak dinanti publik Indonesia adalah berburu dan menyantap kuliner di luar rumah. Kini, pilihan tempat makan semakin beragam dan tak sedikit yang menghadirkan suasana unik dan berkesan untuk didatangi sendiri, bersama teman, keluarga, ataupun pasangan.
Berdasarkan survei Jakpat bertajuk Consumer Insights: Local Food & Beverage Market pada September 2025, warung makan lokal, seperti warung nasi menempati posisi pertama sebagai tempat kuliner yang paling banyak diminati dengan capaian 61%. Posisi kedua diisi pedagang kaki lima dengan 58%. Hal ini menandakan sebagian besar masyarakat masih mengutamakan pilihan menu tertentu dengan harga yang ramah di kantong.
Tempat makan khas dari berbagai daerah Nusantara, seperti rumah makan Padang, Sunda, Aceh, dan lain-lain mengamankan urutan ketiga sebesar 52%. Kemudian, 39% responden doyan menyantap kuliner di angkringan. Hal tersebut didukung dengan tumbuhnya tren nongkrong di tempat yang santai, tidak formal, dan terbuka, terutama di kalangan anak muda dan pekerja lepas.
Selanjutnya, pasar tradisional menjadi tempat favorit bagi 32% responden dan 30% lebih memilih kios makanan di depan minimarket/supermarket. Di urutan ketujuh ada warung kopi dengan capaian 28%. Tempat makan lainnya yang menjadi pilihan responden adalah restoran (27%), pujasera di fasilitas publik dan kedai kopi, masing-masing sebesar 26%.
Survei ini dilakukan menggunakan kuesioner yang disalurkan melalui Jakpat mobile app dengan melibatkan 769 responden dari kalangan pengunjung kelas sosial ekonomi atas, menengah, dan bawah di 8 daerah perkotaan Pulau Jawa yang gemar makan di luar. Pengumpulan data dilakukan pada 2-7 September 2025 dengan margin of error di bawah 5%.
Baca Juga: Bukan Cuma Rasa, Publik RI Prioritaskan 10 Fasilitas Ini Saat Kuliner
Sumber:
https://insight.jakpat.net/consumer-insights-local-food-beverage-market/