Dari Polytron Hingga Advan, Ini 5 Merek Produk Rumah Tangga Lokal Favorit Publik

Mulai dari alat masak hingga peralatan elektronik, publik Indonesia gunakan berbagai macam merek lokal untuk penuhi kebutuhan rumah tangganya.

5 Merek Produk Rumah Tangga & Elektronik Lokal Favorit Publik

(Tahun 2025)
Ukuran Fon:

Merek lokal masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tidak hanya karena harga yang ramah di kantong, masyarakat juga menilai produk lokal lebih memahami kebutuhan sehari-hari karena dirancang sesuai dengan kebiasaan dan budaya konsumsi di tanah air.

Survei Jakpat menyebutkan Polytron menjadi merek lokal produk rumah tangga dan elektronik yang paling banyak dipilih publik Indonesia pada tahun 2025. Sebanyak 23% responden menyatakan menggunakan produk dari merek ini, menempatkannya jauh di atas merek pesaing.

Berikutnya, ada Maspion dengan persentase sebanyak 15% publik sebagai penyedia peralatan dapur. Sementara itu, Miyako menempati posisi ketiga dengan 8% responden, sebagai merek peralatan elektronik rumah tangga favorit publik.

Dua merek lainnya, Cosmos dan Advan berada di peringkat keempat dan kelima dengan persentase publik masing-masing sebanyak 4% dan 2%. Cosmos dikenal sebagai produsen alat rumah tangga seperti kipas angin dan rice cooker, sedangkan Advan menjadi satu-satunya merek di daftar ini yang lebih dikenal di bidang elektronik gadget, khususnya ponsel lokal.

Dari distribusi ini, terlihat jelas bahwa Polytron mendominasi preferensi publik berkat citranya sebagai merek elektronik lokal yang mampu bersaing dengan produk global. Namun, kehadiran Maspion, Miyako, hingga Cosmos juga menegaskan bahwa masyarakat Indonesia masih menaruh kepercayaan besar pada merek lokal yang lain.

Bahkan Advan turut bersaing dalam pemeringkatan produk pemenuhan kebutuhan rumah tangga ini, menunjukkan adanya ruang bagi inovasi produk lokal di ranah teknologi digital. Hal ini mencerminkan preferensi publik terhadap produk dalam negeri bukan sekadar bentuk nasionalisme, melainkan juga wujud kepercayaan akan kualitas dan daya saing merek lokal.

Survei yang dirilis oleh Jakpat ini bertajuk Local Product Shopping Behavior in Indonesia. Survei ini melibatkan 1.394 responden, pengambilan data dilakukan melalui kuesioner pada 24-25 Juli 2025. Adapun data yang dihasilkan memiliki margin of error di bawah 5%.

Baca Juga: 10 Alasan Publik RI Kian Mantap Beli Produk Lokal 2025

Sumber:

https://insight.jakpat.net/local-product-shopping-behavior-in-indonesia/

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook