Dokter dan Guru Jadi Profesi Paling Disukai Masyarakat Dunia

Dokter dan guru menjadi profesi yang paling disukai masyarakat dengan proporsi sebesar 74%.

Di tengah perkembangan dunia kerja yang semakin modern, persepsi masyarakat terhadap berbagai profesi menjadi topik yang menarik untuk dianalisis. Survei Job Sentiment Ranking mengungkapkan pandangan masyarakat terhadap berbagai profesi, baik yang paling disukai maupun yang paling tidak disukai. 

Survei ini meminta responden untuk menilai baik atau buruknya berbagai profesi yang ada melalui skala lima poin, dari sangat positif hingga sangat negatif. Dalam menyusun peringkat, hanya perasaan sangat positif dan positif yang diperhitungkan dan diurutkan secara menurun.

Berdasarkan survei tersebut, berikut adalah daftar profesi yang paling disukai oleh masyarakat di tahun 2024.

1. Dokter & Guru (74%) 

Dokter sering kali dipandang sebagai pahlawan dalam bidang kesehatan, terutama setelah pandemi Covid-19. Profesi tersebut diakui atas peran kritisnya dalam menyelamatkan nyawa dan memberikan perawatan medis kritis. Di kawasan Asia, profesi dokter juga biasanya dijadikan cita-cita yang diemban orang tua terhadap anaknya.

Sementara itu, guru juga mendapat apresiasi tinggi karena dedikasi mereka dalam mendidik dan membentuk masa depan generasi muda.

2. Dokter Gigi (72%) 

Dokter gigi mendapatkan pengakuan positif karena memainkan peran penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Sama seperti sebelumnya, profesi ini cukup terkenal terutama di kawasan Asia, dengan tuntutan orang tua yang semakin tinggi terhadap buah hatinya.

3. Perawat (71%)

Perawat menjadi profesi penting karena peran sentral mereka dalam dunia kesehatan. Mereka berada di garis depan perawatan pasien dan memberikan dukungan emosional serta medis yang berharga.

4. Pemadam Kebakaran & Polisi (70%)

Pemadam kebakaran dan polisi menjadi pilar masyarakat dalam menjaga keselamatan dan keamanan. Meskipun terkadang profesi ini menghadapi tantangan dan kritik, mereka tetap dihormati atas komitmennya dalam melindungi masyarakat.

5. Psikoterapis, Mekanik Mobil, & Pengasuh Bayi (70%)

Meningkatnya tekanan sosial membuat profesi psikoterapis semakin digemari. Psikoterapis diakui atas perannya dalam membantu individu mengatasi masalah mental dan emosional. 

Sementara itu, mekanik mobil juga dihargai karena keterampilannya dalam memperbaiki kendaraan, yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Terakhir, profesi pengasuh bayi turut mendapatkan apresiasi tinggi karena tanggung jawab dalam merawat dan menjaga anak-anak. Walau sering dipandang sebelah mata, pengasuh bayi memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam menjaga keamanan dan memastikan pertumbuhan si kecil.

Sejatinya, profesi yang paling disukai umumnya memiliki ciri-ciri berikut:

  • Berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan masyarakat.
  • Memberikan dukungan baik secara emosional maupun fisik, seperti psikoterapis dan pengasuh bayi.
  • Menanggung komitmen dalam menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat.

Survei ini mengungkapkan bahwa profesi yang berkontribusi langsung terhadap kesejahteraan masyarakat cenderung lebih disukai. Mereka yang bekerja di bidang kesehatan, pendidikan, dan layanan masyarakat sering kali mendapatkan pengakuan dan apresiasi positif dari masyarakat. Penemuan ini dapat menjadi panduan bagi mereka yang mencari jalur karier yang dihormati dan dipandang positif oleh masyarakat.

Baca Juga: 7 Profesi Dokter Spesialis Paling Diminati di Indonesia

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook