Pengembangan diri di era yang serba cepat saat ini sangat dibutuhkan guna untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing, baik untuk kepentingan personal maupun profesional.
Pengembangan diri adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk bisa mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Tidak heran, jika saat ini aktivitas pengembangan diri begitu digemari, salah satunya oleh gen Z.
Ada berbagai cara yang dilakukan gen Z dalam mencari informasi terkait pengembangan diri, menurut survei dari Jakpat yang dilakukan pada 24-25 Februari 2025, iklan media sosial adalah sumber informasi paling utama yang menjadi preferensi gen Z. Survei tersebut disebar kepada 1.348 responden dengan margin of error di bawah 5% dan 48% responden merupakan gen Z yang berusia 15-28 tahun.
Faktanya, iklan media sosial memberikan peran penting sebagai sumber informasi pengembangan diri gen Z dengan persentase sebanyak 40%, kemudian 31% berasal dari rekomendasi orang sekitar. Tidak hanya itu, media sosial, seperti Instagram, YouTube dan TikTok adalah sumber lain yang sering diakses.
Sebanyak 30% responden mendapatkan informasi pengembangan diri dari akun Instagram non-official penyedia layanan, 28% dari akun official penyedia layanan, kemudian diikuti akun YouTube official dan non-official, masing-masing dengan persentase 27%. Sebagian lainnya, 26% dari akun TikTok non-official, 23% dari situs website resmi, dan 21% dari akun TikTok official. Terakhir 16% dari testimoni atau ulasan di media sosial oleh orang-orang populer.
Kesimpulan dari hasil survei di atas mayoritas sumber informasi pengembangan diri yang diperoleh berasal dari platform digital. Hal tersebut menunjukkan bahwa gen Z aktif, sadar, dan tertarik dalam melakukan aktivitas pengembangan diri.
Optimisme terhadap peningkatan kualitas hidup yang lebih baik mendorong gen Z untuk keluar dari zona nyaman dan hidup lebih produktif.
Baca Juga: Apa Saja Kegiatan Pengembangan Diri Favorit Gen Z dan Milenial?
Sumber:
https://insight.jakpat.net/exploring-self-development-trends-among-gen-z-and-millennials/