Indonesia Jadi Destinasi Berlibur dengan Minat Tertinggi 2024

34,9% responden menyataakan lebih memilih melakukan perjalanan wisata di Indonesia dibandingkan berpergian ke luar negeri..

Destinasi Berlibur Favorit Masyarakat Indonesia 2024

Sumber: Standard Insights
GoodStats

Melalui laporan bertajuk Consumer Report 2024 yang dikeluarkan oleh Standar Insight, mayoritas masyarakat Indonesia telah memiliki rencana destinasi wisata untuk dikunjungi tahun ini.

Sebanyak 78,1% responden menyatakan memiliki rencana perjalanan dengan variasi jumlah perjalanan yang berbeda-beda. Data ini menggambarkan bahwa wisata telah menjadi bagian penting dari kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Menariknya dari banyak wisata dari berbagai negara, Indonesia muncul sebagai destinasi impian dengan minat tertinggi di antara masyarakatnya sendiri. Sebanyak 34,9% responden menyatakan lebih memilih melakukan perjalanan wisata dalam negeri dibandingkan bepergian ke luar negeri. Tren ini menggaris bawahi semakin tingginya kesadaran Masyarakat akan pesona alam dan keindahan destinasi lokal.

Menurut Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda, tingginya pencarian terkait destinasi wisata di Indonesia merupakan keberhasilan strategi pemasaran pemerintah.

“Meningkatnya jumlah pencarian terhadap Indonesia menunjukkan pesona negara ini dan keberhasilan strategi pemasaran destinasi dari pemerintah,” tuturnya dalam konferensi pers yang digelar di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan (06/08/24) melansir iNews.

Selain wisata lokal, Jepang terpilih sebagai destinasi internasional paling diminati dengan 13,9% responden berencana berlibur ke negara tersebut. Singapura mengikuti dengan 12,4%. Destinasi lainnya juga menarik perhatian seperti Korea Selatan dengan 9,4%, Malaysia dengan 6,3%, dan Thailand dengan 5,3% responden.

Sejumlah negara di luar kawasan Asia juga menjadi tujuan wisata populer seperti Australia sebanyak dengan 3,9% reponden, Amerika Serikat dengan 3,1% responden, dan Inggris dengan 3,0% responden.

Selain itu, Arab Saudi yang populer dengan tempat ibadah bagi umat Muslim dipilih sebanyak 3,6% responden. Di antara negara-negara Asia lainnya, minat masyarakat terhadap Vietnam dan Filipina relatif rendah dengan 2,2% dan 0,7% responden. Selain itu, 1,3% responden tercatat memilih tujuan wisata lain selain yang ada dalam pilihan.

Baca Juga: Inilah 10 Provinsi dengan Jumlah Desa Wisata Terbanyak Oktober 2024

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook