Kehidupan masyarakat Indonesia tak lepas dari kebiasaan minum kopinya. Meminum kopi bahkan menjadi budaya tersendiri dari orang Indonesia, terutama penduduk usia mudanya.
Hasil survei dari Jajak Pendapat (Jakpat) menyebut bahwa sebanyak 66% masyarakat Indonesia Gen Z mengaku meminum kopi setiap hari. Bahkan, sebanyak 37% Gen Z mengaku mengonsumsi kopi antara 2 hingga 3 kali dalam satu hari.
Dari sisi waktu, mayoritas Gen Z mengaku bahwa mereka meminum kopi pada waktu menjelang sore. Keterangan waktu ini dipilih oleh setidaknya 36% responden, disusul waktu setelah sarapan dengan proporsi 29%. Hasil ini berasal dari rilis Jakpat yang bertajuk Indonesia Consumer on Coffee.
"1 dari 5 Gen Z minum kopi sehari sekali," tulis Jakpat dalam rilisnya.
Waktu paling jarang yang dipakai Gen Z Indonesia untuk minum kopi adalah saat di jalan, dengan persentase sebesar 11%, disusul waktu setelah bangun tidur sebanyak 14%.
Survei ini dilakukan dengan model multiple answer, dimana responden dapat memilih lebih dari 1 jawaban. Terdapat 359 responden dalam survei kali ini, dan dilakukan pada Mei 2023.
Selain itu, disebutkan pula bahwa mayoritas responden sebanyak 58% mengklaim menyukai kopi jenis kopi susu instan atau instant coffee mix. Sebanyak 42% responden memilih menyukai kopi instan hitam, sementara 34% responden menyukai es kopi susu buatan kafe.
"Lebih dari sekadar produk, kopi bagi masyarakat Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup, dinikmati sambil nongkrong atau menjalin koneksi. Hal ini membuka peluang bagi brand untuk menciptakan pengalaman minum kopi yang unik dan berkesan bagi konsumen,” sebut Research Lead Jakpat Farida Hasna melansir Suara.