Akhir tahun selalu jadi momen yang dinantikan banyak orang untuk beristirahat sejenak dari rutinitas dan merayakan pencapaian tahun ini. Tak jarang, liburan akhir tahun menjadi waktu yang sempurna untuk mengeksplorasi destinasi baru atau menikmati suasana berbeda dengan orang-orang terdekat.
Jakpat mengadakan survei pada 1-3 Oktober 2024 untuk mengetahui bagaimana preferensi di kalangan milenial dan gen Z untuk mencari tempat liburan.
Dari 799 responden, mayoritas milenial (63%) dan gen Z (60%) mengandalkan Instagram sebagai platform untuk mencari rekomendasi tempat liburan. Instagram memang kerap menampilkan konten-konten dengan visual yang bagus, sehingga cocok dijadikan sebagai sarana dalam mencari rekomendasi liburan.
Untuk posisi kedua tempat mencari rekomendasi liburan, terjadi perbedaan antara milenial dan gen Z. Sebanyak 57% milenial mengandalkan rekomendasi dari keluarga atau teman mereka. Beberapa milenial beranggapan rekomendasi liburan dari keluarga atau teman selalu lebih valid terutama karena adanya hubungan emosional dan pengalaman bersama yang membangun rasa saling percaya.
Sementara itu, gen Z lebih banyak mencari rekomendasi liburan di TikTok (61%). Tak bisa dipungkiri, TikTok banyak memberikan rekomendasi tempat-tempat wisata viral yang ada di berbagai daerah yang dibungkus dengan format video pendek yang menarik.
Berikutnya, YouTube menjadi pilihan 45% milenial dan 27% gen Z untuk mencari rekomendasi tempat liburan. YouTube menjadi sarana media sosial yang dapat membagikan video berdurasi panjang, sehingga bisa mengetahui rekomendasi tempat liburan dengan lebih detail.
Adapun beberapa gen Z dan milenial memilih media lain seperti artikel online, Facebook, dan X (twitter) sebagai referensi untuk mencari rekomendasi tempat liburan yang cocok untuk mereka.
Baca Juga: Indonesia Jadi Destinasi Berlibur dengan Minat Tertinggi 2024