Pertumbuhan kelas menengah di Indonesia tidak hanya memengaruhi daya beli, melainkan juga mengubah pola konsumsi masyarakat. Pengaruh digitalisasi semakin terasa. Menurut survei Kedai Kopi, kelas menengah Indonesia lebih suka belanja di pasar dan e-commerce ketimbang mal maupun toko ritel.
Adapun sekitar 43% responden kelas menengah tercatat mengunjungi pasar tradisional lebih dari empat kali sebulan dan e-commerce menyusul dengan 42,4%.
Sebaliknya, hanya 8% responden yang tidak pernah mengunjungi pasar tradisional dan 4,4% yang tidak pernah menggunakan e-commerce, mencerminkan semakin besarnya ketergantungan akan tempat belanja yang praktis dan murah.
Sementara itu, frekuensi kunjungan ke mal dan toko ritel jauh lebih rendah. Hanya 16% responden yang sering mengunjungi toko ritel (selain mal) dan 4,4% yang mengunjungi mal lebih dari empat kali sebulan.
Mayoritas, yakni sekitar 51,1% responden mengaku hanya mengunjungi mal sekali sebulan. Hal yang sama juga dilakukan 34,2% responden di toko ritel fisik.
Semakin sedikitnya kunjungan ke mal maupun toko ritel fisik mencerminkan perubahan pola konsumsi dan belanja masyarakat. Kini, masyarakat tidak lagi mencari kenyamanan dan ambient ketika berbelanja, melainkan mengedepankan harga dan kepraktisan. E-commerce menawarkan produk dengan harga kompetitif disertai promo gila-gilaan yang membuat harga di toko ritel maupun mal sering kali kalah saing. E-commerce juga memberikan kepraktisan bagi konsumen yang sibuk beraktivitas seharian. Tinggal scroll di gadget, barang kebutuhan dan keinginan dapat dibeli.
Di sisi lain, pasar tradisional memberikan kelebihan dalam segi harga, di mana konsumen bisa menawar untuk memperoleh penawaran terbaik. Hal ini berbeda dengan toko ritel maupun mal, di mana barang-barang yang ada biasanya tidak bisa lagi ditawar.
Survei Kedai Kopi ini dilakukan pada 14-19 Oktober 2025 secara online melibatkan 932 responden. Metode yang digunakan adalah Computer-Assisted Self Interviewing (CASI). Survei ini bertujuan untuk memahami perubahan perilaku dan daya beli masyarakat kelas menengah di Indonesia.
Baca Juga: Ini Dia 10 Aktivitas yang Paling Banyak Dilakukan Warga RI di Mal
Sumber:
https://kedaikopi.co/survei-perilaku-konsumsi-daya-beli-masyarakat-kelas-menengah/