Transportasi online telah menjadi bagian penting dari kehidupan perkotaan modern di Indonesia. Dalam satu dekade terakhir, kehadiran layanan ojek dan taksi daring tidak hanya mengubah cara orang bepergian, tetapi juga membentuk ekosistem baru yang melibatkan jutaan pengguna dan pekerja. Kemudahan akses, kecepatan layanan, serta integrasi dengan sistem pembayaran digital menjadikan transportasi online pilihan utama bagi banyak orang, terutama di kota-kota besar.
Data dari Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menyebutkan bahwa 41,1% responden menggunakan platform transportasi online setidaknya sekali sebulan, sedangkan 32,3% responden lain menggunakannya kurang dari sekali sebulan.
Lebih lanjut, 22,3% responden menggunakan platform transportasi online minimal sekali seminggu dan ada pula 4,3% responden yang menggunakannya setiap hari.
Adapun data ini diperoleh dari survei terhadap 18.564 responden usia 15-64 tahun di 38 provinsi pada 2025. Tingkat kepercayaan mencapai 95% dengan margin of error sebesar 5%.
Tingginya frekuensi pemakaian layanan transportasi online ini mencerminkan perubahan gaya hidup masyarakat, di mana kini layanan transportasi yang efisien, fleksibel, dan nyaman semakin menjadi kebutuhan.
Ekosistem transportasi online di Indonesia terus tumbuh. Laporan dari We Are Social menyebutkan bahwa 66,7% pengguna internet Indonesia berusia di atas 16 tahun rutin menggunakan layanan transportasi online pada Kuartal IV 2024, jadi yang tertinggi di dunia.
Tidak hanya itu, laporan e-Conomy SEA 2024 dari Google, Temasek, dan Bain & Company menyebutkan bahwa gross merchandise value (GMV) ojek online di Indonesia pada 2024 naik 13% dibanding tahun lalu mencapai US$9 miliar, tertinggi di ASEAN sepanjang 2024. Nilai ini jauh lebih tinggi dibanding Singapura (US$5 miliar), Malaysia (US$4 miliar), Thailand (US$4 miliar), Vietnam (US$4 miliar), dan Filipina (US$3 miliar).
Baca Juga: Indonesia Jadi Pengguna Transportasi Online Terbesar 2024
Sumber:
https://imdi.sdmdigital.id/unduh-laporan/Publikasi%20Indeks%20Masyarakat%20Digital%20Indonesia%28IMDI%29
https://datareportal.com/reports/digital-2025-april-global-statshot
https://economysea.withgoogle.com//intl/id_id/home/