Simak Alasan Publik RI Mulai Pakai Produk Ramah Lingkungan

Publik mulai pakai produk ramah lingkungan karena peduli isu lingkungan (38%), manfaat kesehatan (28%), kualitas (16%), status sosial (8%), dan tren (6%).

Alasan Publik RI Mulai Pakai Produk Ramah Lingkungan

(Tahun 2024)
Ukuran Fon:

Pola konsumsi masyarakat ternyata berhubungan langsung dengan kondisi lingkungan. Semakin tinggi tingkat konsumsi, semakin besar pula volume limbah dan sampah yang dihasilkan setelah barang digunakan. Selain itu, peningkatan kebutuhan konsumtif mendorong eksploitasi sumber daya alam dalam skala yang lebih besar untuk memenuhi permintaan pasar.

Sebagai upaya untuk mengurangi dampak buruk konsumsi terhadap lingkungan, kini muncul tren gaya hidup berkelanjutan (sustainable lifestyle) yang mulai diadopsi oleh masyarakat luas. Salah satu gaya hidup berkelanjutan yang sudah diadopsi oleh masyarakat Indonesia adalah penggunaan produk ramah lingkungan.

Untuk memahami ketertarikan serta pola konsumsi masyarakat Indonesia terhadap produk yang ramah lingkungan, Snapcart melakukan survei daring kepada 750 masyarakat Indonesia pada Oktober 2024.

Berdasarkan hasil survei, ditemukan beberapa alasan mengapa publik Indonesia mulai menggunakan produk yang ramah lingkungan.

Sebanyak 38% responden telah memiliki kesadaran serta kepedulian terhadap isu lingkungan. Penggunaan produk ramah lingkungan ini didorong oleh keinginan untuk melindungi bumi. Mereka menyadari pentingnya keputusan pembelian mereka dalam mengurangi kerusakan lingkungan.

Sementara itu, sebanyak 28% responden menggunakan produk ramah lingkungan karena manfaat kesehatannya. Produk ramah lingkungan sering dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat dan mengandung lebih sedikit bahan kimia keras. Manfaat kesehatan ini meningkatkan daya tarik produk bagi konsumen yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.

Kemudian, 16% responden percaya bahwa produk ramah lingkungan memiliki kualitas yang baik, bahkan kualitasnya dapat bersaing dengan produk reguler. Maka dari itu, produk ramah lingkungan ini menjadi dianggap layak untuk dibeli.

Selain itu, sekitar 8% responden merasa bahwa penggunaan produk ramah lingkungan dapat meningkatkan status sosial mereka. Produk ramah lingkungan ini membuat mereka tampak lebih berkelas.

Lebih lanjut, sebanyak 6% responden mulai menggunakan produk ramah lingkungan karena gaya hidup berkelanjutan yang saat ini sedang menjadi tren. Biasanya pola konsumsi mereka dipengaruhi oleh teman, keluarga, dan media.

Baca Juga: 16% Orang Indonesia Belum Pernah Membeli Produk Sustainable, Apa Alasannya?

Sumber:

https://snapcart.global/indonesian-consumers-interest-toward-sustainable-products-part-2/

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook