Simak Produk Dairy Favorit Gen X, Milenial, dan Gen Z!

Susu, yogurt, keju, hingga mentega menjadi sederet produk dairy favorit masyarakat Indonesia.

Ketertarikan Tiga Generasi terhadap Produk Dairy 2024

Sumber: Jakpat
GoodStats

Produk dairy menjadi salah satu bagian penting dalam pola hidup masyarakat. Kesadaran akan kesehatan yang semakin meningkat, terutama di kalangan gen X, milenial, dan gen Z, telah mengubah preferensi mereka terhadap produk dairy.

Hasil survei yang dilakukan oleh Jakpat mengungkapkan bahwa ketiga generasi ini sangat memperhatikan asupan gizi mereka, mencari pilihan yang tidak hanya enak, tetapi juga menyehatkan.

Responden dari ketiga generasi tersebut juga mengonsumsi minuman yang terbuat dari sumber nabati, seperti biji-bijian atau padi-padian, yang diekstrak dengan air.

Susu masih menjadi produk dairy favorit di antara tiga generasi. Sebanyak 74% gen Z dan 76% milenial serta gen X yang menunjukkan kesukaannya terhadap susu. Meskipun ada alternatif lain, susu tetap menjadi pilihan utama.

Yogurt juga populer, tetapi ada perbedaan signifikan di antara tiga generasi tersebut. Gen Z menunjukkan minat terendah terhadap yogurt, dengan capaian 65%, sedangkan milenial dan gen X lebih menyukainya, masing-masing dengan persentase 73% dan 72%.

Seperti yogurt, keju juga kurang diminati oleh gen Z. Hanya 56% dari generasi ini menyatakan suka mengonsumsi keju, sementara milenial dan gen X memiliki persentase masing-masing 72% dan 71%. Hal ini mencerminkan perbedaan preferensi yang signifikan di antara generasi-generasi ini terhadap produk dairy.

Analisis survei juga menunjukkan bahwa minuman yang berasal dari bahan nabati menjadi kategori di mana gen Z mencatat minat terendah, hanya 49% yang menyukainya. Sebaliknya, milenial menunjukkan ketertarikan tertinggi dalam kategori ini, mencapai 71%, diikuti oleh gen X dengan 64%. Survei ini mengindikasikan bahwa milenial lebih terbuka terhadap inovasi dalam minuman, sementara gen Z menunjukkan sifat lebih selektif.

Selanjutnya, dalam kategori produk mentega, gen Z kembali mendapat persentase terendah yaitu 45%. Sementara itu, milenial dan gen X menunjukkan ketertarikan yang masih cukup tinggi, masing-masing dengan 65% dan 68%. 

Pada survei ini terlihat bahwa susu tetap menjadi produk favorit di semua generasi, tetapi keju, yogurt, mentega, dan produk minuman nabati menunjukkan pola konsumsi yang menarik. Perbedaan preferensi yang terjadi pada setiap generasi dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti selera pribadi, kesehatan, dan kesadaran terhadap pilihan makanan.

Baca Juga: Produksi Susu Menurun, Bagaimana Nasib Program Susu Gratis Prabowo-Gibran?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook