Reputasi brand kini menjadi hal yang sangat penting bagi konsumen. Di tengah kondisi pasar yang dinamis dan kompetitif, sentimen konsumen dapat menentukan kesuksesan perusahaan. Maka dari itu, memahami persepsi konsumen terhadap brand merupakan aspek krusial yang perlu diperhatikan perusahaan.
Untuk memahami persepsi konsumen secara global, YouGov melakukan survei pelanggan kepada lebih dari 3.500 konsumen di 28 negara, Indonesia menjadi salah satunya. Survei dilakukan pada 1 Januari 2024 dan 31 Desember 2024.
Salah satu persepsi konsumen yang digali dalam survei adalah terkait nilai brand (brand value). Nilai brand mencerminkan seberapa besar nilai instrinsik sebuah brand di mata konsumen yang memengaruhi loyalitas konsumen sekaligus reputasi brand.
Survei menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial suatu brand memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi konsumen di seluruh dunia.
Sebanyak 64% responden dari Indonesia menyukai brand yang terlibat langsung atau berkontribusi dalam isu-isu sosial yang sedang terjadi, terbanyak dibandingkan negara-negara lainnya.
Selain itu, responden dari Jerman pun setuju bahwa brand yang berkontribusi dalam isu sosial memiliki reputasi yang baik, dengan persentase sebesar 54%. Tidak terpaut jauh dari Jerman, 51% responden dari Spanyol pun berpikir hal yang sama.
Kemudian, 48% responden dari Uni Emirat Arab merasa bahwa brand yang memiliki tanggung jawab sosial cenderung lebih disukai. Begitu pun dengan 44% responden dari Amerika Serikat, yang lebih memilih brand yang punya kepedulian dan terlibat dalam isu sosial yang relevan.
Temuan ini dapat menjadi dorongan bagi brand untuk mulai sadar, peduli, dan terlibat secara nyata dalam isu-isu sosial. Dalam lanskap pasar saat ini, brand tidak bisa hanya mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dan abai dengan tanggung jawab sosial karena dapat memengaruhi reputasi.
Baca Juga: 10 Brand Pewarna Rambut Terlaris di Shopee Indonesia Q2 2025, Mana Favoritmu?
Sumber:
https://yougov.com/reports/51444-yougov-best-global-brands-2025