Ibadah haji selalu menjadi momen sakral dan evaluasi besar bagi kualitas pelayanan publik di Indonesia. Setiap aspek, mulai dari persiapan keberangkatan, perjalanan, akomodasi, hingga fasilitas ibadah di Tanah Suci, menjadi cerminan seberapa baik negara mampu memberikan kenyamanan dan kepercayaan kepada para jemaah.
Pada 2025, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) naik mencapai 88,46, memperlihatkan usaha nyata dalam memperbaiki layanan dan respons terhadap masukan masyarakat. Skornya naik 0,26 poin dibanding tahun sebelumnya.
"Secara umum jemaah haji Indonesia 2025 telah menerima semua pelayanan yang diberikan pemerintah secara sangat memuaskan," ungkap Kepala BPS Amalia Adininggar saat memaparkan hasil SKJHI 2025 di Jakarta, Rabu (10/9/2025).
IKJHI merupakan survei tahunan yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam mengukur kepuasan jemaah haji terhadap layanan yang diberikan pemerintah. IKJHI diukur berdasarkan sepuluh indikator. Pada 2025 ini, tujuh indikator masuk kategori sangat memuaskan, sedangkan tiga lainnya kategori memuaskan.
Kategori transportasi bus shalawat meraih skor 92,15, tertinggi dibanding indikator penilaian lain. Sementara itu, transportasi bus antarkota meriah skor 91,62, diikuti penilaian terhadap petugas haji sebesar 89,72 dan ibadah sebesar 89,45.
Indikator konsumsi non-armuzna meraih skor kepuasan 89,41 dan akomodasi hotel mencatat skor 85,28.
Ketujuh indikator di atas masuk kategori sangat memuaskan, sedangkan indikator konsumsi armuzna (83,56), transportasi bus armuzna (81,14), dan akomodasi tenda (78,37) masuk kategori memuaskan.
Dalam satu dekade terakhir, skor kepuasan ini cenderung meningkat. Mulai dari 82,67 pada 2015, naik menjadi 83,83 pada tahun berikutnya. Per 2017, skor kepuasan terhadap layanan haji menjadi 84,85 poin, dan naik terus hingga mencapai 90,45 pada 2022.
Pada 2023, IKJHI turun ke 85,83, namun konsisten terus naik pada tiga tahun berikutnya hingga mencapai 88,46 pada 2025.
Menteri Agama Nasaruddin Umar berharap bahwa capaian ini akan terus meningkat pada musim ke depan.
“Mungkin nanti ke depan kita doakan semoga nyeberang di atas angka 90,” tuturnya, Jumat (12/9).
Baca Juga: Jamaah Haji Indonesia Kembali Melonjak, Provinsi Mana yang Jadi Penyumbang Terbesar?
Sumber:
https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2025/09/10/2524/nilai-indeks-kepuasan-jemaah-haji-indonesia--ikjhi--tahun-2025-sebesar-88-46--sangat-memuaskan--meningkat-sebesar-0-26-poin-dibandingkan-tahun-2024.html
https://www.tempo.co/politik/ini-hasil-survei-bps-soal-indeks-kepuasan-jemaah-haji-2025-2069036
https://haji.kemenag.go.id/v5/detail/10-indikator-survei-haji-tujuh-sangat-memuaskan-tiga-memuaskan