Berdasarkan laporan Digital 2024 yang dirilis oleh We Are Social, pengguna aktif media sosial di seluruh dunia mencapai 5,04 miliar, setara dengan 62,3% total populasi. Angka tersebut bertambah 266 juta atau 5,6% selama setahun terakhir.
Kini, masyarakat global menghabiskan waktu 2 jam 23 menit per harinya untuk berselancar di media sosial, menyumbang 35,8% aktivitas daring harian. Rata-rata, durasi perempuan dalam bermedia sosial 16 menit atau 12% lebih lama dibanding laki-laki setiap harinya.
Apabila ditilik berdasarkan negara, durasi penggunaan media sosial terlama berada di wilayah Afrika, Amerika Latin, dan Asia. Kenya berada di puncak daftar, pengguna internetnya meluangkan waktu rata-rata 3 jam 43 menit per hari untuk menyelami media sosial.
Afrika Selatan menduduki peringkat kedua dengan durasi bermedia sosial harian penduduknya selama 3 jam 41 menit. Brasil mengekor di posisi berikutnya, penduduknya mengaku menghabiskan waktu 3 jam 37 menit. Filipina yang pernah menduduki tempat teratas kini bertengger di posisi keempat, dengan durasi rata-rata selama 3 jam 34 menit.
Jajaran negara dengan durasi bermedia sosial terlama selanjutnya diisi oleh Nigeria (3 jam 25 menit), Kolombia (3 jam 23 menit), Chili (3 jam 22 menit), Meksiko (3 jam 14 menit), lalu diikuti Indonesia dengan rerata 3 jam 11 menit. Arab Saudi menutup sepuluh besar dengan lama penggunaan 3 jam 6 menit.
Sementara itu, TikTok menjadi media sosial dengan waktu pemakaian bulanan terlama, yaitu 34 jam, diikuti YouTube dengan 28 jam 5 menit dan Facebook dengan 19 jam 47 menit.
Adapun aktivitas yang dilakukan di media sosial meliputi mencari konten lucu dan menghibur, mengikuti dan meriset merek atau produk, mengikuti berita dan peristiwa terkini, terhubung dengan keluarga atau teman, serta mengunggah dan membagikan foto dan video.