Saat membicarakan makanan khas Indonesia, saus sambal tak dapat dipisahkan dari cita rasa yang menggugah selera masyarakatnya. Sebagai negara dengan keanekaragaman budaya dan kuliner, tentunya minat dalam memilih saus sambal yang digunakan dalam hidangan cukup berbeda dan beragam.
Lembaga Kurious melakukan survei untuk menggali data mengenai presentase merek saus sambal yang biasa digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa dua merek saus sambal, ABC dan Indofood, berhasil mendominasi sebagai pilihan utama oleh konsumen.
Dari hasil survei tersebut, disebutkan bahwa merek ABC menjadi jawara favorit masyarakat dengan presentase sebesar 80,9%. Kehadiran ABC yang telah lama dikenal di pasaran menjadi salah satu faktor popularitas merek ini di kalangan masyarakat Indonesia. Tak ketinggalan, merek saus sambal Indofood juga mendapat sentimen baik dari konsumen dengan perolehan presentase sebesar 61,2%.
Selain dua merek utama tersebut, terdapat pula beberapa merek saus sambal lainnya. Merek Del Monte memperoleh presentase sebesar 27,6%, diikuti oleh sambal Belibis dengan presentase 25,2%, serta Sasa dengan 19,7%.
Merek sambal yang cukup baru yaitu Jawara masuk dalam jajaran hasil ini dengan presentase 13,6%. Masyarakat terpantau juga tetap setia pada merek sambal tradisional seperti Sambel Cap Jempol dengan presentase 4,2%.
Hasil survei ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki keberagaman minat dalam memilih merek saus sambal.