Sebagai bentuk ekspresi yang meningkatkan kepercayaan diri, makeup menjadi hal yang tidak bisa lepas dari gaya hidup perempuan Indonesia. Seiring dengan meningkatnya minat perempuan terhadap kecantikan dan perawatan diri, tren kecantikan pun berubah. Banyak produk baru yang kini menyesuaikan dengan perkembangan tersebut.
Untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai tren, minat, dan perilaku pembelian makeup Indonesia tahun 2025, Jakpat merilis laporan bertajuk Beauty Trends 2025. Data laporan dikumpulkan dari tanggal 1-5 September 2025 melalui survei yang melibatkan 1.290 responden. Kuesioner didistribusikan melalui aplikasi seluler Jakpat dengan margin of error 5%.
Baca Juga: Tempat Favorit Publik Indonesia Belanja Paket Kecantikan Online 2025
Lip product adalah kategori produk makeup yang paling banyak digunakan sehari-hari. Sebanyak 99% responden menggunakan berbagai jenis produk yang diaplikasikan pada bibir seperti lip tint, lip balm, lip gloss, dan lainnya dalam rutinitas harian mereka.
Setelah lip product, face product duduk di urutan kedua, dengan 97% responden tidak pernah melewatkan penggunaan face product dalam makeup sehari-harinya. Beragam produk yang digunakan mulai dari complexion untuk meratakan warna dan menyamarkan noda di wajah seperti cushion, primer, dan bedak hingga pewarna wajah seperti blush, highlighter, dan contour.
Tidak seperti lip product dan face product yang dianggap sebagai “barang wajib” untuk digunakan sehari-hari oleh hampir seluruh responden, hanya 80% responden yang menggunakan eye product seperti eye shadow, eyeliner, mascara untuk makeup sehari-harinya
Begitu pun dengan brow product yang digunakan untuk membentuk, mengisi, dan merapikan alis. Brow product tidak begitu banyak digunakan sehari-hari oleh responden, hanya sekitar 69% responden yang menggunakan brow product sebagai bagian dari rutinitas makeup-nya.
Baca Juga: 10 Brand Paket Kecantikan Terlaris di Shopee Indonesia Q3 2025, Mana Favoritmu?
Sumber:
https://insight.jakpat.net/makeup-trends-usage-behavior-jakpat-beauty-trends-report-2025/