Generasi Z (Gen Z) yang lahir dari tahun 1997 hingga 2012 memiliki kecenderungan yang tinggi terhadap media sosial. Generasi ini tumbuh di zaman peralihan dan perkembangan pesat teknologi sehingga aktivitas daring di media sosial bukan hal yang asing bagi mereka.
Menurut survei Jakpat, Gen Z sering menghabiskan waktu dengan gawai mereka saat waktu luang. Survei mengenai karakteristik dan kebiasaan Gen Z ini dilakukan secara daring lewat aplikasi Jakpat terhadap 1.155 responden terkait di seluruh Indonesia dari tanggal 6 hingga 9 Desember 2024.
Hasilnya, kebanyakan Gen Z menghabiskan waktu luangnya dengan gawai untuk kegiatan daring seperti scrolling media sosial, menonton film atau series, serta mendengarkan musik and podcast.
Kegiatan paling banyak dilakukan adalah berselancar di media sosial dengan persentase responden sebesar 63%. Kegiatan ini sangat disukai lantaran mudah dan dapat dilakukan di mana saja bagi yang memiliki gawai.
Lalu, 57% responden memilih untuk menonton film atau series. Kegiatan ini menjadi yang paling disukai oleh Gen Z perempuan untuk menghabiskan waktu luang.
Di samping itu, pada posisi ketiga sebanyak 55% responden memilih aktivitas auditif yakni mendengarkan musik atau podcast untuk menghabiskan waktu senggang. Meski radio tidak sepopuler dulu, adanya platform musik digital seperti Spotify dan YouTube Music kembali mendorong kegemaran anak muda dalam mendengarkan musik.
Selanjutnya, bagi 53% Gen Z, bermain game masih memiliki daya tarik untuk menghabiskan waktu luang. Game menjadi selingan sekaligus penghilang stres saat tidak ada kegiatan.
Meski kebanyakan Gen Z menghabiskan waktu luang dengan gawai, masih banyak juga yang memilih kegiatan lain seperti berkumpul bersama teman (38%), berolahraga (32%), dan membaca buku (27%).
Baca Juga: Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Durasi Bermedia Sosial Terlama 2024